Kajian Fiqih Kitab Risalatul Mahidh Tentang Tanda-tanda Baligh Pada Permpuan dan Masa haidnya



Benangmerahdasi -Kajian Fiqih Wanita

Kitab   : RISALATUL MAHIDH"
Bagian : 003
Oleh    :  Lia Maziyyah

بسم الله الرحمن الرحيم

HAIDH MERUPAKAN TANDA BALIGH BAGI PEREMPUAN

Baligh adalah masa atau saat dimana ketika seorang anak baik laki-laki ataupun perempuan mencapai masa/saat tsb maka anak tsb sudah menjadi bagian dari orang yang menerima taklif syari’at, jelasnya anak tersebut sudah berkewajiban menjalankan perintah dan menjauhi larangan dari Allah SWT, seperti perintah sholat puasa haji dll.

Ada tiga hal yang menjadi alamat balighnya seorang anak perempuan, yaitu:

Usianya mencapai 15 th qomariyah tahdidiyah, tahdidiyah adalah ukuran pasti atau pas, maka 15 th qomariyah tahdidiyah yaitu angka 15 th menurut penanggalan qomariyah tanpa dikurangi sedikitpun

Ihtilam/mimpi basah yaitu mimpi sampai keluar mani setelah mencapai usia 9 th qomariyah taqribiyah.

Begitupun jika keluarnya bukan karena sebab mimpi, dalam artian keluar mani dalam keadaan sadar
~ Keluarnya darah haidh setelah mencapai usia 9 th qomariyah taqribiyah

Adapun alamat balighnya seorang anak laki-laki ada dua yaitu:

~ Usianya mencapai 15 th qomariyah tahdidiyah
~ Ihtilam/mimpi basah begitu juga keluar mani bukan sebab mimpi (keluar mani dalam keadaan
sadar) setelah mencapai usia 9 th qomariyah taqribiyah menurut Imam Ibnu Hajar dan 9 th qomariyah tahdidiyah menurut Imam Romli

Dan ketika terjadi perbedaan pendapat antara Imam Ibnu Hajar dan Imam Romli maka pendapat Imam Ibnu Hajar lah yang lebih dimenangkan
Referensi:

الإبانة والإفاضة ص ٢٢:
يقصد بالبلوغ السن التى إذا بلغها الصبي ذكرا أو أنثى أصبح أهلا لتوجيه الخطاب إليه بالتكليف الشرعية من صلاة وصوم وحج وغيرها

غاية المنى ص ١٠٨:

فى علامات البلوغ ثلاث فى حق الأنثى وإثنان فى حق الذكر أحدها (تمام خمس عشرة سنة) قمرية تحديدية بالتفاق (فى الذكر والأنثى)

وثانيها (الإحتلام فى الذكر والأنثى لتسع سنين) أي بعد إكمال الصبي والصبية تسع سنين قمرية تقربية وهو معتمد ابن حجر وشيخ الاسلام ونقل عن الرملى انها تحديدية فى الذكر وتقريبية فى الانثى
وثالثها (الحيض فى حق الأنثى لتسع سنين) قمرية تقريبية

MINIMAL HAIDH

Minimal atau paling sedikitnya haidh adalah sehari semalam, yg dimaksud sehari semalam yaitu kadar darah yg keluar selama 24 jam baik keluarnya secara terputus-putus atau terus menerus, dg catatan kadar darah yg keluar selama 24 jam tsb masih di dalam masa 15 hr 15 malam, dan meskipun darah tsb keluar berwarna kuning atau keruh dlm artian tdk seperti warna umumnya darah yaitu merah, maka tetap dihukumi sebagai haidh.

Mengapa yg menjadi ukuran adalah “kadar” dari sehari semalam yaitu yg berjumlah 24 jam? Ini semata karena tidak akan tercapai darah sehari semalam kecuali darah yg keluar itu secara terus menerus tanpa terputus-putus, sedang jika yg menjadi ukuran adalah kadarnya maka tidak masalah ketika darah mencapai batas 24 jam tidak dalam sehari semalam saja.

Jelasnya seperti contoh berikut:

Semisal ada seorang wanita selama 4 hr berturut-turut mengeluarkan darah yg masing-masing dari 4 hr tsb hanya 6 jam saja / seperempatnya hari yang dimulai dari pagi hari pukul 06.00 sampai 12.00 siang, 6 jam dikalikan 4 adalah 24 jam, maka darah yg keluar tsb bisa utk dikatakan haidh, dikarenakan sudah mencapai masa paling sedikitnya haidh yaitu kadar 24 jam dan masih di dalam masa 15 hari.

Dari contoh dapat diketahui darah yang keluar dari wanita tsb mencapai kadar 24 jam dalam waktu 4 hr bukan dlm waktu sehari semalam saja, inilah yg dimaksud aqollul haidh adalah kadar darah sejumlah 24 jam yg keluar masih di dalam masa 15 hari.

Dengan demikian darah yg keluar kurang dr kadar 24 jam di didalam masa 15 hr maka darah tsb tidak bisa dikatakan haidh, melainkan darah fasad.

Adapun yg dimaksud darah ittishol atau keluar terus menerus yaitu sekiranya sebuah kapas dimasukkan ke dalam farji maka masih ada rupa darah yg terlihat di kapas tsb, meskipun darah tsb tidak sampai keluar ke anggota yg wajib dibasuh ketika istinja.

                     
                  

QOUL SAHBI DAN QOUL LAQTI

Contoh di atas adalah darah yg keluar dg diselai-selai naqo/bersih, dimana masing-masing hari dr 4 hari tsb si wanita hanya mengeluarkan darah 6 jam saja dan adapun sisanya yaitu 18 jam dr masing-masing hari itu naqo atau bersih.

Jika menurut qoul sahbi (sebuah qoul dimana naqo/bersih/mampet yg menyela-nyelai darah haidh yg keluar di dalam masa 15 hr itu dianggap haidh juga) maka dlm contoh tsb yg dianggap haidh adalah keseluruhan 4 hr tersebut. Dan qoul sahbi ini adalah qoul yg mu’tamad.

Sedangkan menurut qoul laqti naqo yang menyelai-nyelai antara darah haidh di dalam masa 15 tsb hukumnya adalah tuhr/suci.

AQOLLUL HAIDH TERKLARIFIKASI MENJADI 2 BAGIAN

1. Aqoll wahdah 
Yaitu dimana darah keluar mencapai kadar 24 jam secara terus menerus (gambarannya keluar dari subuh sampai subuhnya lagi)

2. Aqoll ma'al ghoir
Yaitu dimana darah keluar mencapai kadar 24 jam secara terpisah atau terputus-putus
Seperti darah keluar mencapai kadar 24 jam secara terpisah dalam waktu 4 hari

 Aqoll ma’al ghoir ini adakalanya:

~ Aqoll ma’al ghoir fil gholib : yaitu dimana darah keluar mencapai kadar 24 jam secara terpisah namun di dalam lingkup gholib/umumnya haidh yaitu antara 6-7 hr
~ Aqoll ma'al ghoir fil aktsar : yaitu dimana darah keluar mencapai kadar 24 jam secara terpisah namun dalam lingkup aktsar/paling banyaknya haidh yaitu 15 hr
Referensi:

منهاج القويم ص ٢٩:

وأقل زمن الحيض تقطع الدم او اتصل يوم وليلة أي قدرهما متصلا وهو أربع وعشرين ساعة فما نقص عن ذلك فليس بحيض بخلاف ما بلغه عن الاتصال أو التفريق فإنه حيض وإن كان ماء أصفر أو كدرا ليس على لون الدم لأنه أذى فشملته الآية
حاشية الترمسى على المنهاج القويم ج١ ص ٥٣٨:
المراد بالاتصال أن يكون لو أدخل نحو القطن لتلوث وإن لم يخرج الدم إلى ما يجب غسله فى الإستنجآء

حاشية الباجورى ج ١ ص ٢١٣:

ان شرط الاتصال انما هو فى الاقل وحده، واما الاقل الذى مع غيره فليس فيه اتصال بل يتخلله نقاء بان يرى وقتا ما نقاء وهو حيض تبعا بشرط ان لا يجاوز ذلك خمسة عشر يوما ولم ينقص الدم عن اقل الحيض، وهذا يسمى قول السحب لاننا سحبنا الحكم بالحيض على النقاء ايضا وجعلنا الكل حيضا وهو المعتمد. وقيل ان النقاء طهر لان الدم اذا كان حيضا كان النقاء طهر وهذا يسمى قول اللقط لاننا لقطنا اوقات النقاء وجعلناها طهر. والحاصل ان الاقل له صورتان الاولى ان يكون وحده وهذه هي التى يشترط فيها الاتصال والثانية ان يكون مع غيره وهذه لا اتصال فيها

حاشية البجيرمى على المنهج ص١٣٢:

(قوله أي قدرهما) فسره بذلك ليشمل نحو من الظهر لمثله من اليوم الثاني سم. (قوله متصل) قيد في تحقق الأقل فقط، أي لا يتصور الأقل فقط إلا إذا رأته أربعا وعشرين ساعة على الاتصال وإلا لو رأته متفرقا في أيام لا يكون أقله فقط بناء على الصحيح من أن النقاء المتخلل حينئذ حيض، وهو قول السحب وهذا لا ينافي قول شيخنا متى رأت دما متقطعا ينقص كل منه عن يوم وليلة غير أنه إذا جمع بلغ يوما وليلة كفى في حصول أقل الحيض ح ل؛ لأن الأقل له صورتان أقل فقط وأقل مع غيره من الغالب والأكثر.

حاشية الشرواني ج ١ ص ٣٨٥:

والحاصل أن الأقل له صورتان الأولى أن يكون وحده وهي التي يشترط فيها الاتصال والثانية أن يكون مع غيره، وهذه لا اتصال فيها اهـ. (قوله إن المراد بالاتصال) أي اتصال دم الحيض.

ULAMA ULAMA YANG MENTASHIH QOUL SAHBi ATAU SEBALIKNYA

Diantara ulama-ulama yang memilih qoul sahbi:
Qodhi Abu Thoyyib dan Husein dan Abu 'Ali Assinji dan Syeikh Assarakhsi dan Alghozali dan Syeikh Mutawalli dan Albaghowi dan Arrooyaani dan Imam Rofi'i dan Ibnu suraij, Imam Rofi’i berkata qoul sahbi ini adalah yang Ashoh menurut pembesar Ashabussyafi’i, dan pengarang kitab Alhawi menjelaskan bahwa imam syafii menjelaskan dalam semua kitabnya bahwa masa naqo dalam 15 hr adalah haidh semua.

Dan diantara ulama2 yg memilih qoul laqti adalah:

Syeikh Abu Haamid dan Syeikh Albandaniiji dan Syeikh Mahaamili dan Syeikh Sulaim Arrozi dan Syeikh Aljurjaani dan Syeikh Nashr dan Syeikh Arrooyaani Syeikh Abi Ishaq Almarwazi.

المجموع شرح المهذب ج ٢ ص ٥٠١:
وَاخْتَلَفُوا فِي الْأَصَحِّ مِنْهُمَا فَصَحَّحَ قَوْلَ التَّلْفِيقِ الشَّيْخُ أَبُو حَامِدٍ وَالْبَنْدَنِيجِيّ وَالْمَحَامِلِيُّ وَسُلَيْمٌ الرَّازِيّ وَالْجُرْجَانِيُّ وَالشَّيْخُ نَصْرٌ وَالرُّويَانِيُّ فِي الْحِلْيَةِ وَصَاحِبُ الْبَيَانِ وَهُوَ اخْتِيَارُ أَبِي اسحق الْمَرْوَزِيِّ وَصَحَّحَ الْأَكْثَرُونَ قَوْلَ
السَّحْبِ فَمِمَّنْ صَحَّحَهُ الْقُضَاةُ الثَّلَاثَةُ أَبُو حَامِدٍ فِي جَامِعِهِ وَأَبُو الطَّيِّبِ وَحُسَيْنٌ فِي تَعْلِيقِهِمَا وَأَبُو عَلِيٍّ السِّنْجِيُّ فِي شَرْحِ التَّلْخِيصِ وَالسَّرَخْسِيُّ فِي الْأَمَالِي وَالْغَزَالِيُّ فِي الْخُلَاصَةِ وَالْمُتَوَلِّي وَالْبَغَوِيُّ وَالرُّويَانِيُّ فِي الْبَحْرِ وَالرَّافِعِيُّ وَآخَرُونَ وَهُوَ اخْتِيَارُ ابْنِ سُرَيْجٍ قَالَ الرَّافِعِيُّ هُوَ الْأَصَحُّ عِنْدَ مُعْظَمِ الْأَصْحَابِ وَقَالَ صَاحِبُ الْحَاوِي الَّذِي صَرَّحَ بِهِ الشَّافِعِيُّ فِي كُلِّ كُتُبِهِ أَنَّ الْجَمِيعَ حَيْضٌ


MAKSIMAL HAIDH

Maksimal atau paling banyaknya haidh yaitu waktu 15 hari 15 malam, baik keluarnya terputus-putus atau bersambung terus menerus, sehingga seorang wanita yg mengeluarkan darah melebihi 15 hr maka dihukumi darah istihadloh.
Referensi:

حاشية الباجوري ج ١ ص ٢١٣:
ﻭﺍﻛﺜﺮﻩ ﺧﻤﺴﺔﻋﺸﺮ ﻳﻮﻣﺎ ﺑﻠﻴﺎﻟﻴﻬﺎ أي وإن لم تتصل الدمآء ﻓﺈﻥ ﺯﺍد ﻋﻠﻴﻬﺎ ﻓﻬﻮ ﺍﺳﺘﺤﺎﺿﺔ
والله اعلم بالصواب..............

Bersambung..

DASI Dagelan Santri Indonesia

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © benangmerahdasi.com. Designed by OddThemes & VineThemes