Kajian Tasawuf Tentang Keistimewaan Hati Manusia




Kajian Tasawuf Tentang Keistimewaan Hati Manusia
Kajian Tasawuf Tentang Keistimewaan Hati Manusia

Benangmerahdasi -Kajian Tasawuf

Kitab: Kimi'aussa'adah
Karangan: Imam Ghazali
Nomor: 019

بسم الله، والصلاة والسلام على سيدنا رسول الله، وعلى آله وصحبه ومن تبع سنته واكتفى آثاره وبعد:

Keistimewaan Hati Manusia:
Sebagaimana disebutkan terdahulu, disamping terhadap manusia, Allah juga memberikan karuniaNya kepada makhluqNya yg lain, misalnya binatang.

Binatang juga memiliki hawa nafsu, amarah dan indera-indera lahiriyah maupun batiniyah. Sehingga tatkala seekor kambing melihat seekor srigala misalnya, dia langsung tahu-dengan nalurinya-bahwa binatang tersebut adalah musuhnya. Maka, iapun lari menghindar. Itu terjadi sebab dalam diri kambing terdapat semacam daya prsepsi.
Baca juga: Kajian Tasawuf tentang kebahagiaan dan kenikmatan mengenal Allah
Kini kami akan membicarakan beberapa keistimewaan hati manusia yg menjadikannya sangat mulia dan memperoleh kelayakan untuk dekat dengan sang kholiq. Dan secara umum, ciri khas tersebut bersumber pada dua hal: pengetahuan('ilm) dan kehendak(iradah).

Adapun pengertian ilmu disini adalah ilmu mengenai urusan dunia dan akherat serta hakekat-hakekat yg berhubungan dengan akal. Masalah ini masuk dalam wilayah metafisika, wilayah otoritas manusia, yang pengertian dan hakekatnya dapat pula dijangkau oleh indra-indra hewan.

Terlebih lagi ilmu kulliyah(hakikat-hakikat ilmu universal) yg dalam memahaminya memerlukan kedalaman otak dan kecerdasan.

Bersambung..

Senin 1 Januari 2018
Aba Abror Al Muqoddam

DASI Dagelan Santri Indoensia

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © benangmerahdasi.com. Designed by OddThemes & VineThemes