Kajian Asbabun Nuzul Ayat 106 Surat Al Baqarah


BenangmerahDasi -Kajian Asbabun Nuzul

Hari  : Rabu
Oleh : Kang Agus Syahid
No    : 014
Ayat 106 Qs Al Baqarah

بسمﷲالرحمن الرحيم 
ماننسخ من أيۃاو ننسهانأت بخير منهااومثلها الم تعلم انﷲعلی كل شیء قدير

Dalam satu riwayat dijelaskan bahwa turunnya wahyu pada Nabi kadang-kadang turun pada malam hari tapi beliau lupa siangnya. Maka Allah turunkan ayat ini sebagai jaminan bawha wahyu Allah tidak akan mungkin terlupakan.

ام تريدون ان تسألوارسولكم كما سإل موسی من قبل ومن يتبدل الكفربالإيمن فقد ضل سواء السبيل 

Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa Rafi'i bin Huraimalah dan Wahab bin Zaid berkata kepada Rosulullah "Hai  Muhammad! Cobalah turunkan kepada kami suatu kitab dari langit yang akan kami baca, atau buatlah sungai yang mengalir airnya, pasti kami mengikuti dan mempercayai tuan. Maka Allah turunkan ayat ini sebagai peringatan agar ummat Islam tidak meniru Bani Isroil dalam mengikuti ajaran Rasul.
Baca juga: Kajian Asbabun Nuzul ayat 104 Surat Al Baqarah
Dalam riwayat lain dijelaskan bahwa orang kafir qurays meminta kepada Nabi Muhammad SAW supaya gunung shofa dijadikan emas. Maka Nabi bersabda "Baiklah, akan tetapi apabila kamu kufur, gunung ini akan berakibat seperti hidangan yang diminta bani Israil (Sebagaimana tercantum dalam surat Al Maidah 122 sampai dengan 115, kaum Hawariyuun meminta Nabi Isa, agar Allah menurunkan hidangan dari langit. Allah mengabulkan nya dengan ancaman siksaan bagi orang yang kufur) Kaum Qurays menolak syarat tersebut, kemudian pulang. Maka Allah turunkan ayat ini.

Wallahu A'lam Bishawab

By: DASI (Dagelan Santri Indonesia)

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © benangmerahdasi.com. Designed by OddThemes & VineThemes