Kajian Tasawuf Kemampuan Mengenal Hakikat Segala Sesuatu

Kajian Tasawuf Kemampuan Mengenal Hakikat Segala Sesuatu
Kajian Tasawuf Kemampuan Mengenal Hakikat Segala Sesuatu

Benangmerahdasi  -Kajian Tasawuf

Kitab: Kimi'aussa'adah
Muallif: Imam Ghozali Ra
Nomor: 026

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمدلله رب العالمين، والصلاة والسلام على رسوله الأمين، وآل بيته الطيبين الطاهرين، وعلى صحابته الغرالميامين. وبعد:

Seperti halnya kuda dan keledai, keduanya sama-sama memiliki kekuatan untuk membawa beban. Keistimewaan kuda terletak pada kegesitannya, kecepatan larinya, serta kebagusan bentuknya, dan ia diciptakan untuk kekhususannya tersebut. Jika Kekhususannya tersebut hilang, maka hilanglah semua ciri khasnya, dan ia tidak ada bedanya dengan keledai.

Demikian juga manusia, dalam beberapa hal ia memiliki persamaan dengan kuda dan keledai, disamping beberapa perbendaan dari keduanya yang sekaligus menjadi ciri khas dan keistimewaan manusia. Keistimewaan-keistimewaan tersebut termasuk diantara sebagian sifat-sifat malaikat yang senantiasa dekat dengan Allah swt tuhan semesta alam.
Baca Juga: Kajian Tasawuf Tentang keistimewaan manusia terletak pada ilmu dan hikmah yang dimilikinya

Posisi manusia berada diantara binatang dan malaikat. Dari segi makanan dan kemampuaannya untuk berkembang biak ia sama dengan tumbuhan. Dari segi kemampuannya mengindera dan bergerak (ikhtiyar) mengikuti kehendaknya sama dengan binatang. Dari segi rupa, bentuk dan posturnya,ia seperti relief yg terlukis pada dinding. Adapun keistimewaannya terletak pada kemampuannya untuk mengenal hakikat segala sesuatu.

Maka barangsiapa menggunakan seluruh potensi dirinya dan segenap kekuatannya untuk meraih ilmu dan amal kebajikan, ia patut disejajarkan dengan malaikat. Ia juga pantas disebut malaikat rabbani, sebagaimana yang disebutkan oleh Allah dalam kisah Yusuf as, yang menirukan ucapan para wanita kala itu:

ماهذاإلابشرا إن هذاإلاملك كريم(يوسف 31)

"...Ini bukanlah manusia, melainkan ia adalah malaikat yg mulia"(Yusuf:31)
Bersambung..

Malaysia, Senin 19 Pebruari 2018
Aba Abror Al Muqoddam

DASI Dagelan Santri Indonesia

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © benangmerahdasi.com. Designed by OddThemes & VineThemes