Kajian Asbabun Nuzul Ayat 115 Qs Al Baqarah

Kajian Asbabun Nuzul Ayat 115 Qs Al Baqarah
Kajian Asbabun Nuzul Ayat 115 Qs Al Baqarah
Benangmerahdasi -Kajian Asbanun Nuzul

Oleh: Kang Agus Syahid
No   : 018
Ayat 115 Qs Al Baqarah

بسم ﷲالرحمن الرحيم 

ولله المشرق والمغرب  فأينما تولّوا فثمّ وجهﷲ  انّﷲ واسع عليم 

Dalam satu riwayat di kemukakan bahwa ibnu Umar membacakan ayat ini kemudian menjelaskan peristiwa nya sebagai berikut:  ketika Rosullah dalam perjalanan dari Mekkah ke Madinah sholat sunnah di atas kendaraan menghadap sesuai denga arah tujuan kendaraanya.

Dalam riwayat lain di jelaskan bahwa turunnya فأينما تولّوا    ..., sampai akhir ayat membolehkan kita sholat sunnah di atas kendaraan mengahadap susuai arah tujuan kendaraan.
Baca Juga: Kajian Asbabun Nuzul Ayat 113-114 Qs Al Baqarah
Riwayat lain juga menjelaskan bahwa ketika Rosulullah hijrah ke Madinnah diperintahkan Allah untuk menghadap ke Baitul Maqdis di waktu sholat Maka gembiralah kaum yahudi. Rasulullah melaksanakan perintah itu beberapa belas bulan lamanya, tetapi dalam hatinya tetap ingin menghadap ke qiblat nya Nabi Ibrihim Mekah, beliau selalu berdo'a kepada Allah sambil menghadap mukanya ke langit, menantikan turunnya wahyu. Maka turunlah ayat. قد نری تقلّب وجهك فی السماء Sampai akhir ayat sehingga mereka berkata ''Apa yang menyebabkan mereka membelok dari qiblat yang mereka hadapi selama ini.? Maka turunlah ayat ini sebagai jawaban atas pertanyaan orang-orang yahudi.

Dalam riwayat lain dijelaskan juga bahwa suatu malam gelap gulita, dalam suatu perjalanan bersama Rosulullah mereka (para perowi hadits) tidak mengetahui arah qiblat. mereka sholat ke arah hasil ijtihad masing-masing. Keesokan harinya mereka kemukakan hal itu kepada Rosul. Maka turunlah ayat ini.

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © benangmerahdasi.com. Designed by OddThemes & VineThemes