Kajian Tafsir Hadits, Kitab Syarah Arbain An-nawawi (No:001)


Benangmerahdasi.com - Kajian Kitab Tafsir Hadits
Kitab : Syarah Arbain An- nawawi
No     :   001
Oleh  : Naja Wafa Bidaroinik

Hadits Arbain Nawawi
(Menjelaskan hadits-hadits shohih Nabawiyyah)
Karya Al Imam Yahya  Syarofuddin An -nawawi (Wafat 676.H)

بسم الله الرحمن الرحيم.الحمد لله رب العالمين قيوم السموات والارضين مدبر الخلائق أجمعين.باعث الرسل صلواته وسلامه عليهم إلى المكلفين لهدايتهم وبيان شرائع الدين بالدلائل القطعية وواضحات البراهين..... أما بعد
(الحديث الاول)

عن أمير المؤمنين ابي حفص عمر ابن الخطاب رضي الله عنه قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: إنما الأعمال بالنيات وإنما لكل امرء ما نوى، فمن كانت هجرته إلى الله ورسوله فهجرته إلى الله ورسوله ومن كانت هجرته لدنيا يصيبها أو امرأة ينكحها فهجرته إلى ما هاجر إليه.( رواه إمام المحدثين أبو عبد الله محمد ابن إسماعيل بن إبراهيم بن المغيرة بن بردزبة البخاري وأبو الحسين مسلم بن الحجاج بن مسلم القشيري النيسابوري في صحيحيهما الذين هما أصح الكتب المصنفة).

Hadits pertama

Dari Amirul Mukminin Abi Hafs Umar bin Khotob RA berkata: Saya mendengar Rosululloh SAW bersabda: Sesungguhnya sahnya amal itu dengan niat. Dan setiap manusia itu di nilai Allah SWT berdasarkan niatnya. Barang siapa hijrah (niat/ menyengaja) karena Allah dan rosulnya maka"yang didapat adalah Allah dan rosulnya", Dan barang siapa niat/ menyengaja karena dunia atau karena seorang wanita yang dinikahinya maka yang didapat adalah apa yang di sengaja tersebut.

(HR Bukhori Muslim).
Jadi kesimpulan hadits diatas sangat di haruskan didalam setiap langkah kita niati karena Allah semata agar kita mendapati ridhonya. Bila kita niat karena selain Allah maka yang kita dapat ya apa yang kita niati tersebut.

Contoh: Kita ibadah niat agar di lihat manusia, atau dipuji manusia, maka yang kita dapat hanyalah pengelihatan atau pijian makhluq/ manusia tersebut. Dan dihadapan Allah kita kosong tidak mendapat apa-apa. نعوذ بالله.

Semoga bermanfaat.. Lii wa lakum ajma'in.. Amiin

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © benangmerahdasi.com. Designed by OddThemes & VineThemes