Kisah Penyebutan Muskhaf AL- QURAN


Benangmerahdasi -Muskhaf

oleh : kang M T

Mush-khaf,, dari mana asalmu ?
Mishaf al-Quron.

Hah.. bahasa dan mufrodat tidak habis pikir. Memang tashdiq tidak dapat diperoleh tanpa tashowwur dan tashowwur itu harus memahami suatu kata dalam pembahasan bahasa.
Sebagaimana kata muskhaf ( مصحف ). Tabadur pikiran kita tentu berasal dari tiga huruf ( ص ح ف ) , tapi belum saya temukan penggunaannya sebagai fiil tsulatsi. Penggunaan tiga khuruf itu yang berupa fiil yang dijumpai dengan tadlif ain fiil atau wazan af'ala.

Terus apa itu muskhaf atau miskhaf dengan kasrah atau dlommahnya mim. ?
Dalam alquron ( he he mengingat bacaannya Imam Syafii rakhimahulloh dalam kitab al-Risalah dengan takhfif hamzah) terdapat kata shukhuf sebagai jama'shokhifah. Tapi apakah muskhaf berasal dari kata itu ?

Bagi yang mengakan dari tiga huruf yang menyusun tsb mereka mengatakan bahwa yg utama dibaca 'mush' dengan dlommah, sebab berasal dari fiil ush-khi-fa. Atau 'Mish' dengan kasroh.

Walah walah...
Lalu sebutan 'muskhaf' untuk al-Quron ?. Kenapa tidak sifir sebagaimana yang dikenal oleh kebudayaan Arab pada saat itu ?

Gampangnya dan ternyata oh ternyata.. Mushkhaf yang untuk menyebut buku wahyu itu bukan dari bahasa arab. Tentu menurut salah satu riwayat namun tidak sembarang riwayat.
Imam Jalaluddin dalam "al-Mashokhif" nya meriwayatkan; Ketika Sahabat Zaid bin Tsabit ra selesai menulis al-Quron dalam lembaran ditunjukkanlah kepada Sayyidina Abu Bakr ra. Abu Bakar ra menyebut tulisan itu dengan apa ?. Belum punya sebutan. Maka dia meminta pendapat sahabat lain. Ada yang usul 'Sifr al-Qur'an'. Beliau tidak serujuk.

"Mushkhaf" sebab orang-orang Khabasyah menyebut hal semacam itu dengan kata mushkhaf. Sayyidina Abu Bakar ra pun setuju. Akhirnya tulisan al-Quran yang dibukukan itupun disebut mushkhaf. Jadi mushkhaf itu dari bahasa khabasyah bukan Arab. Yaaahhhh bid'ah lagi.
Wallohu A'lam.

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © benangmerahdasi.com. Designed by OddThemes & VineThemes