Fiqih Tentang Menyingkat Nama Sifat yang Menyertai Nama Allah atau Nama Nabi Muhammad


Benangmerahdasi- Fiqih aqidah NO:00209

Fiqih aqidah
No: 00209
[tentang penulisan SWT & SAW]
Hallo benang merah
WA: 081384451265

PERTANYAAN
BOLEHKAH MENYINGKAT NAMA SIFAT YANG MENYERTAI NAMA ALLOH
ATAU NAMA NABI MUHAMMAD ..?

[contoh]

ALLOH SWT.. dan Muhammad SAW.

JAWABAN

Imam Abdurrahman bin Abi Bakar al-Suyuthi di dalam kitabnya (Tadrib al-Rawi) menjelaskan bahwa makruh menyingkat keduanya dalam penulisan dengan 1 atau 2 huruf seperti orang menulis “صلعم” (singkatan dari shallallahu ‘alaihi wa sallam), tapi tulislah dengan sempurna, dan orang yang pertama kali menulis dengan disingkat, dipotong tangannya.

Imam Syamsuddin; Muhammad bin Abdurrahman al-Sakhawi di dalam kitabnya (Fathu al-Mughit Syarh Alfiyah al-Hadits) juga menuturkan dan mewanti-wanti agar para penulis tidak menyingkat penulisan shalawat dan salam atas Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan menyingkat menjadi 2 huruf dan lain sebagainya sebagaimana yang dilakukan oleh orang-orang selain Arab dan para pelajar, mereka menulis “ص” atau “صم” atau “صلم” atau “صلعم” sebagai pengganti “shallallahu ‘alaihi wa sallam”, karena mengurangi pahala dan itu menyalahi kode etik (hilaful aula).
Baca juga: Hukum melakukan Hubungan intim dengan pasangan namun membayangkan dengan orang lain
Dengan demikian dapat diketahui bahwa hukum menyingkat penulisan sifat Allah seperti SWT dan penulisan SAW adalah khilaf:
●Sebagian Ulama’ menyatakan makruh
●Sebagian yang lain menyatakan menyalahi kode etik (hilaful aula).
Dasar pengambilan ;

( و ) يكره ( الرمز إليهما في الكتابة ) بحرف أو حرفين كمن يكتب صلعم ( بل يكتبهما بكمالهما ) ويقال إن أول من رمزهما بصلعم قطعت يده. تدريب الراوي - (ج 2 / ص 77)

واجتنبت أيها الكاتب الرمز لها أي للصلاة والسلام على رسول الله صلى الله عليه و سلم في خطك بأن تقتصر منها على حرفين ونحو ذلك فتكون منقوصة صورة كما يفعله الكسائي والجهلة من أبناء العجم غالبا وعوام الطلبة فيكتبون بدلا صلى الله عليه و سلم ص أو صم أو صلم أو صلعم فذلك لما فيه من نقص الأجر لنقص الكتابة خلاف الأولى وتصريح المصنف فيه وفيما بعده بالكراهة ليس على ما به. فتح المغيث - (ج 2 / ص 182)

Daftar Pustaka:
1. Tadrib al-Rawi. II/ 77
2. Fathu al-Mughit Syarh Alfiyah al-Hadits. II/ 182

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © benangmerahdasi.com. Designed by OddThemes & VineThemes