Kajian Tasawuf Tentang Perumpamaan Hati Khusus Kaitannya dengan Ilmu


Kajian Tasawuf Tentang Perumpamaan Hati Khusus Kaitannya dengan Ilmu
Kajian Tasawuf Tentang Perumpamaan Hati Khusus Kaitannya dengan Ilmu

Benangmerahdasi
-Kajian Tasawuf Kitab Kimi'aussa'adah Karya Imam Ghozali Ra, bagian 29 tentang perumpamaan hati khusus kaitannya dengan ilmu


KAJIAN TASAWUF

Kitab: Kimi'aussa'adah
Muallif: Imam Ghozali Ra
Nomor: 029
Santri

*************************
بسم الله الرحمن الرحيم
الحمدلله رب العالمين، والصلاة والسلام على رسوله الأمين، وآل بيته الطيبين الطاهرين، وعلى صحابته الغرالميامين. وبعد:
Perumpamaan Hati Khusus Kaitannya Dengan Ilmu
-----------------------------------------------------------
Hati adalah tempat ilmu. Hati yang dimaksudkan adalah hati lathifah(non fisik), yang memiliki kemampuan untuk mengatur seluruh anggota tubuh, dimana pelayanan dan ketaatan seluruh anggota tubuh dipersembahkan untuknya. 
Adapun kaitan hati dengan hakikat segala ilmu pengetahuan, ibarat kaitan cermin dengan benda atau gambar yang beraneka ragam. Sebagaimana halnya benda-benda yang memiliki bentuk, rupa dan bayangan yang persis terpantul dalam cermin, maka begitu juga segala substansi ilmu pengetahuan memiliki hakikat, dan setiap hakikat memiliki bentuk, rupa dan bayangan yang terlihat jelas didalam cermin hati.

Sehubungan bahwa cermin bentuk benda atau seseorang serta terwujudnya bayangan pada cermin, memiliki substansi dan berada pada eksistensinya masing-masing, maka pembahasan tentang perumpamaan ini menyangkut tiga hal, yaitu:hati, hakikat sesuatu, dan sampainya hakikat tersebut pada hati. 

Baca Juga: Kajian Tasawuf Kitab Kimi'aussa'adah Permupamaan tentang hati 
Dengan kata lain jika dikaitkan dengan ilmu pengetahuan, maka seorang alim(orang yg berilmu) ibarat hati yang merupakan tempat bayangan dari hakikat segala sesuatu. Al ma'lum(ilmu pengetahuan) ibarat hakikat segala sesuatu, sedangkan Al ilmu(terwujudnya ilmu pengetahuan pada hati) ibarat terwujudnya bayangan pada cermin. 
Begitu juga genggaman, ia memerlukan genggaman, seperti tangan, dan benda yg digenggam seperti pedang, serta pertemuan antara pedang dan tangan. Dan keberadaan pedang ditangan itulah yg disebut genggaman. Maka seperti itu pula sampainya informasi tentang segala sesuatu pada hati, yg disebut ilmu pengetahuan. 

Bersambung.. 
Senin 12 Maret 2018
Pps Sirojul Baroya
Aba Abror Al Muqoddam

DASI Dagelan Santri Indonesia
Santri DASI
Santri

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © benangmerahdasi.com. Designed by OddThemes & VineThemes