Kajian Asbabun Nuzul Ayat 159, 163 dan 164 Qs Al Baqarah


Kajian AsbKajian Asbabun Nuzul Ayat 159, 163 dan 164 Qs Al Baqarahabun Nuzul Ayat 159, 163 dan 164 Qs Al Baqarah Kaji
Add captionKajian Asbabun Nuzul Ayat 159, 163 dan 164 Qs Al Baqarah


Benangmerahdasi -Kajian Asbabun Nuzul

Oleh Kang Agus Syahid
No : 023

Qs Al Baqoroh 159

بسمﷲ الرحمن الرحيم
ان الذين يكتمون ما انزلنا من البينت والهدی من بعد مابينه للناس فی الكتاب اولاءك يلعنهمﷲويلعنهم اللعنون

Dalam suatu riwayat dijelaskan bahwa Mu'adz bin Jabal ,Sa'd bin Ma'adz dan Kharijah bin Zaid bertanya kepada segolongan padri yahudi tentang beberapa hal yang terdapat di dalam Taurot .Para padri menyembunyikan hal tersebut dan enggan untuk memberitahukan nya.Maka Alloh menurunkan ayat ini yang membeberkan keadaan para padri yahudi.

Qs Al Baqoroh ayat 163-164

والهكم اله واحد لااله الاهو الرحمن الرحيم
ان فی خلق السموات والارض واختلف اليل والنار والفلك التی تجری فی البحر بما ينفع الناس وماانزل ﷲ من السماء من ماء فأحيابه الارض بعد موتها وبث فيها من كل دابۃ وتصريف الريح والسحاب المسخربين السماء والارض لأيت لقوم يعقلون

Ayat ini turun berkenaan dengan kaum musyrikin yang kaget dan bertanya tanya "apakah benar Tuhan itu tunggal?jika benar demikian berikanlah kepada kami bukti buktinya.Maka turun ayat berikutnya yg menjelaskan tanda2 ke Esaan Tuhan .
Di dalam riwayat lain dijelaskan bahwa setelah turun ayat tersebut kpd Nabi Muhammad SAW .di Madinah ,kafir qurasy di mekkah bertanya"Bagaimana Tuhan yang tunggal dapat mendengar manusia yang banyak? maka turun ayat berikutnya sebagai jawabannya.
Baca Juga: Kajian Asbabun Nuzul Ayat 158 Qs Al Baqarah 
Dalam riwayat lain dijelaskan bahwa kaum qurasy berkata kepada Nabi Muhammad SAW .Berdoa lah kepada Alloh agar Ia menjadikan Shofa ini gunung mas.,sehingga kita dapat mrmperkuat diri melawan musuh "Maka Alloh menurunkan wahyu kepadanya,untuk menyanggupi permintaan mereka dengan syarat apabila mereka kufur setelah dipenuhi permintaan mereka.

Alloh akan memberikan siksaan yang belum pernah diberikan kepada yang lain di alam ini.Maka bersabdalah Nabi SAW"wahai tuhanku ,biarkanlah aku dengan kaumku ,aku akan ajak mereka sehari demi sehari.Maka turunlah ayat ini yang menjelaskan mengapa mereka meminta Shofa dijadikan emas.padahal mereka mengetahui banyak tanda tanda yg luar biasa dari pada itu.

Wallahu A'lam Bishowaf

Bersambung....

DASI Dagelan Santri Indonesia

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © benangmerahdasi.com. Designed by OddThemes & VineThemes