Kajian Fiqih Kitab Fathul Mu'in (Pengertian air mutlak dan perkara yang mengubahnya)

Kajian Fiqih Kitab Fathul Mu'in (Pengertian Air mutlak)
Kajian Fiqih Kitab Fathul Mu'in (Pengertian Air mutlak)

Benangmerahdasi - Kajian Ilmu Fiqih

Kajian : Ilmu fiqih
Kitab : fathul Mu'in,
Syaikh Zaenuddin Almalibary
Nomor : 009
Oleh : Daviq Muntaqy.

(و) غير (متغير) تغيرا (كثيرا) بحيث يمنع إطلاق اسم الماء عليه، بأن تغير أحد صفاته من طعم أو لون أو ريح،
ولو تقديريا أو كان التغير بما على عضو المتطهر في الاصح،
Dan <air mutlak adalah> bukan Air yg berubah dengan perubahan yg banyak, sekiranya mencegah penamaan air muthlak atasnya.
Dengan gambaran berubah satu dari sifat sifatnya; rasa, warna dan baunya.
Meskipun dengan perubahan yang dikira2kan (taqdiri).
atau meskipun berubahnya disebabkan sesuatu yg ada pada anggota menurut qaul yg ashoh.

وإنما يؤثر التغير إن كان (بخليط) أي مخالطا للماء،
وهو ما لا يتميز في رأي العين (طاهر) وقد (غني) الماء (عنه) كزعفران، وثمر شجر نبت قرب الماء، وورق طرح ثم تفتت، لا تراب وملح ماء وإن طرحا فيه.
Dan perubahan tsb mempengaruhi <terhadap kemampuan mensucikan> jika disebabkan oleh perkara yang larut dengan air (mukhalit).
mukhalit adalah perkara yang <ketika bercampur dgn air> tidak dapat dibedakan dalam pandangan mata,
Yang suci dan air mudah terhindar (tidak butuh) darinya, seperti za'faron, buah pepohonan yg tumbuh didekat air, dan daun2 yg sengaja dimasukkan ke air lalu hancur,
Bukan debu atau garam,meskipun keduanya sengaja di masukkan ke dalam air.
Baca juga: Kajian Fiqih kitab fathul mu'in penjelasan tentang air musta'mal

ولا يضر تغير لا يمنع الاسم لقلته ولو احتمالا، بأن شك أهو كثير أو قليل.
Dan tidak apa apa perubahan yang tidak sampai mencegah penamaan air mutlak karena sedikitnya perubahan,
meskipun secara ikhtimal (tidak yakin) seperti ragu ragu apakah perubahannya banyak atau sedikit.
وخرج بقولي بخليط المجاور، وهو ما يتميز للناظر، كعود ودهن ولو مطيبين، ومنه البخور وإن كثر وظهر نحو ريحه، خلافا لجمع.
Dikecualikan dengan "khalit" adalah mujawir, yaitu perkara yang bisa dibedakan <dari air> oleh yang melihat,
Seperti kayu, minyak meskipun di beri wewangian,
Dan termasuk dari mujawir adalah asap, meskipun banyak dan jelas baunya,
Berbeda dengan pendapat sekelompok ulama.
ومنه أيضا ماء أغلي فيه نحو بر وتمر حيث لم يعلم انفصال عين فيه مخالطة، بأن لم يصل إلى حد بحيث له اسم آخر كالمرقة، ولو شك في شئ أمخالط هو أم مجاور، له حكم المجاور.
Termasuk mujawir pula,
Air yang di dalamnya dipanaskan gandum atau kurma sekira tidak ada materi dari gandum dan kurma yang terpisah dan larut (mukhalathoh) didalamnya.

Dengan sekira tidak sampai pada batasan disebut dgn nama lain, seperti dinamakan kuah.
Apabila dia ragu2 apakah sesuatu itu tergolong mukhalit atau mujawir maka dihukumi mujawir.
وبقولي غني عنه ما لا يستغنى عنه، كما في مقرة وممره، من نحو طين وطحلب متفتت وكبريت، وكالتغير بطول المكث أو بأوراق متناثرة بنفسها وإن تفتتت وبعدت الشجرة عن الماء.
Dan dikecualikan dgn ucapanku "ghaniya anhu", adalah sesuatu yang air sulit terhindar (butuh bercampur) darinya, seperti perkara yg ada di tempat diamnya air dan tempat alirannya,
Dan (juga) seperti perubahan sebab lamanya diam atau sebab dedaunan pohon yang jatuh dengan sendirinya meski hancur dan tempat tumbuhnya jauh dari air.

Bersambung.

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © benangmerahdasi.com. Designed by OddThemes & VineThemes