Kajian Asbabun Nuzul Ayat 120 dan Ayat 125


Kajian Asbabun Nuzul Ayat 120 dan Ayat 125
Kajian Asbabun Nuzul Ayat 120 dan Ayat 125

Benangmerahdasi - Kajian Asbabun Nuzul

Oleh: Kang Agus Syahid
No   : 020

Kajian Asbabun Nuzul Ayat 120 dan Ayat 125 Qs Al Baqarah

Qs Al Baqarah Ayat 120

بسم ﷲ الرحمن الرحيم 
ولن ترضی عنك اليهود ولاالنصری حتی تتبع ملتهم قل ان هدیﷲ هوالهدی ولءن اتبعت اهواءهم بعد الذی جاءك من العلم مالك منﷲ من ولی ولا نصير 

Dalam suatu riwayat dijelaskan bahwa kaum yahudi Madinah dan kaum nashoro Najrn mengharapkan agar Nabi sholat menghadap qiblat mereka, ketika Allah membelokkan qiblat itu ke ka'bah, mereka merasa keberatan. Maka mereka bersekongkol dan berusaha agar Nabi menyetujui qiblat sesuai agama mereka. Maka turunlah ayat ini sebagai penegasan bahwa orang-orang yahudi dan Nashoro tidak akan senang kepada Nabi walaupun keinginannya di kabulkan.
Baca Juga: Kajian Asbabun Nuzul Ayat 118 dan Ayat 119 Qs Al Baqarah
Qs Al Baqarah Ayat 125

واذجعلناالبيت مثابۃ للناس وامنا واتخذ من مقام ابراهم مصلی وعهدناالی ابراهم واسمعيل ان طهرا بيتی للطا ءفين والعكفين والركع السجود

Dalam suatu riwayat dijelaskan bahwa Umar menerangkan bahwa pendapatnya bersesuaian dengan firman Allah didalam 3 hal yaitu:

1. Ketika ia mengemukakan usul ''Wahai Rosul, tidakkah sebaiknya tuan jadikan maqom (tempat sholat) Ibrohim ini menjadi tempat sholat (Qs 2: 125)

2. Ketika ia mengusulkan "Telah berkunjung kepada istri-istri tuan orang baik dan jahat, bagaimana sekiranya tuan memerintahkan agar supaya dipasang hijab penghalangan (Qs 33: 53)

3. Ketika Rosul diboikot oleh istri-istri nya karena cemburu, maka Umar berkata kepada mereka "Mudah-mudahan Tuhannya akan menceraikan kamu dan menggantikan kamu dengan istri-istri yang lebih baik daripada kamu (Qs 66: 5)

Dalam riwayat lain di jelaskan bahwa ketika Rosul Thowaf berkatalah Umar kepadanya "Ini adalah maqom (tempat sholat) bapak kita Ibrohim ?

Nabi bersabda ''benar" Umar berkata lagi ''apakah tidak sebaiknya kita jadikan tempat sholat.

Wallahu A'lam Bishowaf

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © benangmerahdasi.com. Designed by OddThemes & VineThemes