Kajian Asbabun Nuzul Ayat 113 dan 114 Qs Al Baqarah


Benangmerahdasi-Kajian Asbabun Nuzul

Oleh: Kang Agus Syahid
No   : 016
Ayat : 113 dan 114 Qs Al Baqoroh

وقالت اليهودليست النصری علی شیءوقالت النصری ليست اليهود علی شیء وهم يتلون الكتاب كذالك قال الذين لايعلمون مثل قولهم فالله يحكم بينهم يوم القيمۃ فيما كانوافيه يختلفون

Dalam suatu riwayat dikemukakan, ketika orang-orang nashoro najran menghadap Rosulullah, datang pulalah padri-padri yahudi. Mereka bertengkat dihadapan Rosulullah. Berkatalah Rafi' bin Khuzaimah (yahudi) ''kamu tidak berada pada jalan yang benar, karena menyatakan kekufuran kepada Nabi Isa dan kitab Injilnya, seorang dari kaum nashoro Najran membantahnya dengan mengatakan "Kamu pun tidak berada di atas jalan yang benar, karena menantang kenabian Musa dan kufur kepada Taurot..., Maka Allah menurunkan ayat ini sebagai jawaban atas pertengkaran mereka.

ومن اظلم ممن منع مسجدﷲان يذكر فيهااسمه وسعی فی خرابها أولیءك ما كان لهم ان يدخلوهاالاخاءفين لهم فی الدنيا خزي ولهم فی الاخرۃ عذاب عظيم

Dalam suatu riwayat dijelaskan bahwa turunnya ayat ini turun sehubungan dengan larangan kaum quraisy kepada Nabi SAW, untuk dekat Ka'bah di dalam Masjidil haram.
 Baca juga: Kajian Asbabun Nuzul Ayat 109 Qs Al Baqarah
Menurut riwayat lain turunnya ayat ini berkenaan tentang kaum musyrikin yang menghalangi Rosulullah dan para sahabatnya datang ke Mekkah untuk mengerjakan Umroh pada hari Hudaibah (Tahun 628 M), Ayat ini turun sebagai peringatan kepada orang yang melarang beribadah di Masjid Allah.

Wallahu A'lam Bishawab

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © benangmerahdasi.com. Designed by OddThemes & VineThemes