Fiqih Wanita Tentang Dinamika Kehamilan


BenangmerahDasi -Fiqih wanita

Santri wajib Paham.!

Apakah ayat Al- Qur'an
Apakah hadits kudsi
Apakah hadits
- marfu'
- maudu'
- mangkul
- goiru mangkul
- mungkar
- hasan
Apakah wasiyatul mustofa
Apakah ijma' ulama'
Apakah qiyas
Apakah hanya perkataan ahli Ilmu
WAJIB PAHAM

Hallo Benangmerah
WA: 081384451265

Dinamika kehamilan

Oleh: Ibu Nyai Maftachatul Karomah

Diterangkan dalam kitab qurroh al uyun hal:42

Bahwa wanita  yang sedang hamil sebaiknya menjauhi:

1. makanan yang panas
2. makanan yang rasanya pahit
3. makanan campur-campur

Adapun makanan yang baik untuk di konsumsi adalah

1. jambu biji (terutama di bulan ke 3-4 masa kehamilan)
2. daging ayam
3. buah apel manis dan lainya

Pada bulan-bulan akhir menunggu kelahiran sebaiknya senantiasa mengerjakan sholat hajat, membaca Al-Qur'an, Surat Luqman, Maryam dan surat lainya serta memperbanyak do'a:

اعيذه بالواحد الصمد من شر كل ذي حسد

''Ungiidzuhu bil waachidis shomadi min syarri kulli dziichasadib''
artinya: Aku memohon perlindungan untuk kadungan anak ini kepada Allah yang maha Esa lagi tempat meminta dari kejahatan orang yang dengki"

Saat janin berusia 120 hari/4 bulan dimulailah kehidupan dengan ruh dan saat itulah ditentukan bagaimana ia nasibnya di dunia sampai akhirar. Maka hendaknya diadakan acara ''Ngapati/mapati" yaitu berdo'a sebagai sikap bersyukur tunduk pasrah, memohon pada Allah semoga nanti anak lahir sebagai manusia yang utuh sempurna, sehat, di anugerahi rizqi yang baik dan lapang, berumur panjang yang barokah, beruntung di dunia akhirat. begitu pula hendaknya bersedekah karena do'a dan sedekah merupakan dua kekuatan yang bisa menembus takdir.
Baca juga: Penjelasan alat kontrasepsi menurut syari'at
Setelah usia kehamilan 7 bulan, yaitu kandungan sudah dirasakan berbobot dan memiliki beban maka diadakan acara "Mitoni/ Tingkepan" di dalam acara ini selain di adakan sedekah juga di isi pembacaan dziba, dengan harapan yang baik bagi si bayi.
Sebagaimana yang di terangkan dalam Al Qur'an surat Al A'rof: 189).
Dan jika usia kandungan sudah mendekati persalinan maka perbanyak membaca do'a ''Hanah waladat Maryam, Maryam waladat isa....dan seterusnya

مسئلةالولا دة

Cara ingin mempunyai anak laki-laki
Siapa orang yang menginginkan istrinya hamil supaya dianugerahi anak lelaki oleh Allah Subhaanahu wa Ta'ala, hedaklah ketika istrinya sedang hamil, tangannya supaya di selipkan pada perut istrinya dengan mengucapkan do'a ini

:لبسم الله الرحمن الرحيم , أللهم إنى أ سمى ما فى بطنها محمدا فاحعله لى ذكرا

Bayi kembar
Bayi yang dianggap lahir kembar, paling lama antara laihirnya bayi yang pertama dengan yang kedua adalah tengganng tidak sampai penuh enam bulan.

Apabila tenggang antara kedua bayi itu sampai enam bulan maka bayi yang lahir nomor dua tidak dihukumi kembar. Dan hukumnya seperti hamil seperti biasa.

Keluarga berencana (KB)
Dan jika menggunakan obat penjarang kehamilan dikarenakan uzur, misalnya karena repot mngurusi anak, maka hukumnya tidak makruh (mubah/boleh) (Fatawi al Ramli: IV/203

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © benangmerahdasi.com. Designed by OddThemes & VineThemes