Kajian Fiqh Wanita, Kitab Risalatul Makhid ''Permulaan Haid Bagi Wanita" (No: 003)


Benangmerahdasi.com
-
Kajian fiqh wanita (seputar permasalahan darah Haidl, Nifas & Isthiadloh).

Kitab : Risalatul Makhid/Dhima'
No     : 003

لبسم الله الرحمن الرحيم

Permulaan Haidl bagi wanita

Usia paling muda waktu keluar darah haid bagi seorang anak wanita, ialah berumur 9 tahun Qamariyah Taqriban (kira-kira). Adapun pengertian Tarqiban atau kira-kira ialah, apabila seorang anak wanita yang cukup 9 tahun kurang 16 hari dan malamnya ke atas (waktu yang cukup digunakan paling sedikitnya haid dan paling sedikitnya  suci), mengeluarkan darah, maka  tidak di hukumi haid, tetapi dihukumi darah istihadlah atau darah rusak (Fathul Qarib pada Hamisy Al Bajuri: 1/112 dan Abyanal Hawaij : 11/268)
Adapun pada waktu mengeluarkan darah seorang wanita, sudah berusia 9 tahun kurang dibawahnya 16 hari dan malam (waktu yang tidak cukup untuk paling sedikitnya haid serta paling sedikitnya suci) maka dihukumi darah haid.
Apbila seorang wanita mengeluarkan darah beberapa hari yang sebgaian sebelum waktunya bisa haid, dan  yang sebagian lagi setelah waktunya bisa haid, maka darah yang pertama di hukumi darah istihadlah, dan darah yang akhir dihukumi darah haid.

Suatu contoh.
Seorang anak wanita cukupnya umur 9 tahun masih kurang 20 hari dan malam, lalu ia mengeluarkan darah lagi lamanya 10 hari dan malam, maka darah yang pertama selama 4 hari dan malam lebih sedikit dihukumi darah istihadlah, karena kurangnya dari cukup umur 9 tahun masih cukup untuk haid serta suci.
Baca juga: Penjelasan darah haid

Adapun darah yang tertinggal, yang lamanya 6 hari dan malam, kurang sedikit, dihukumi darah haid, karena kurangnya dari cukup umur 9 tahun sudah tidak cukup untuk haid serta suci (Hasyiyah al- Jamal ala Syarhi al Minhaj: 1/236).

Lamanya waktu haid dan sucinya.

Seorang wanita mengeluarkan darah yang dihukumi haid adalah sekurang-kurangnya masa sehari semalam atau 24 jam, baik selama 24 jam itu darah keluar terus menerus, atau terputus-putus selama 15 hari dan malam. Yakni suatu tempo keluar darah di tempo lain putus darah, yang seandainya mengeluarkan darahnya itu terjumlah cukup 24 jam, hal ini dihukumi darah haid, asalkan semuanya itu masih di dalam 15 hari dan malam.
Sehingga, apabila darah yang keluar jumlahnya tidak cukup 24 jam. tidaklah di hukumi darah haid, melainkan dihukumi darah istiha-dlat (Minhaju al- Qawim: 29 dan Abyanal Hawaij: 11/268.

Bahwa yang dimaksud dengan bil ittishal atau terus menerus yaitu seumpama kapuk kapas dimasukkan  kedalam kemaluan wanita, masih adanya darah itu, masih dihukumi mengeluarkan darah, sekalipun darah tidak sampai keluar ketempat yang wajib dibasuh ketika istinja' (bersuci). Hasyiyah Al Turmusi ala al Minhaju al -Qawim: 1/538).

Adapun sebanyak-banyaknya seorang wanita mengeluarkan darah haid adalah 15 hari dan 15 malam.
Pada kebiasaannya mengeluarkan darah haid selama 6 atau 7 hari dan malam, Semua ini berdasarkan hasil penelitian  Imam Syafi'i Ra kepada wanita Arab di Timur Tengah. Adapun paling lamanya seorang wanita mengeluarkan darah haid adalah 15 hari dan malam (Al Minhaju al-Qawin: 29).

Dan sekurang-kurangnya  suci yang memisahkan antara satu haid dengan haid yang lain ialah 15 hari 15 malam, Adapun sebanyak-banyaknya suci tidak ada batasnya, bahkan kadang sudah tidak keluar darah haid lagi, karena usia atau keadaan. Dan pada kebiasaannya suci tersebut melihat kepada kebiasaannya haid. Apabila haidnya enam hari, maka sucinya adalah 24 hari, dan apabila haidnya itu tujuh hari maka sucinya adalah 23 hari (Qutu al-Habib: 44).

Tanbih!!!
Masalah-masalah

Darah yang keluar dari kemaluan seorang wanita yang sedang hamil adalah termasuk darah haid, apabila lamanya sehari semalam serta tidak lebih dari 15 hari dan malamnya, dan mengeluarkan darah tersebut sebelum melahirkan anak (Fathul Wahhab: 1/27).
Seorang wanita ketika mengeluarkan darah haid dengan terputus-putus, semua dihukumi haid, baik ketika mengeluarkan darah atau ketika putus yang ada sela-selanya itu.

Ketahuilah!!

Seorang wanita, sama saja Mubtadi'at (baru sekali mengeluarkan darah) atau Mu'tadat (yang sudah pernah haid dan suci), dihukumi haid (Haram melaksanakan perkara yang  diharamkan kepada orang yang haid), Sebab hanya mengeluarkan darah). Kemudian kalau darah tersebut ternyata putus sebelum cukup sehari semalam, maka hukumnya bukan darah haid, sehingga ia diwajibkan mengqadla shalat yang di tinggalkan selama mengeluarkan darah tersebut. Dan apabila darah itu sampai cukup sehari semalam, maka tentunya dihukumi darah haid (Hasyiyah Al Syarqawi 'ala al-Tahrir: 1/152)

Wallohu A'lam bishowaab......

Bersambung..

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © benangmerahdasi.com. Designed by OddThemes & VineThemes