Kajian Asbabun Nuzul: Latarbelakang Historis Turunnya Ayat-ayat Al Qur'an (No: 001)


Benangmerahdasi.com
-
Kajian Asbabun Nuzul,
Latarbelakang historis turunnya Ayat-ayat Al Qur'an
No: 001
Tiap hari: Senin
Oleh: Kang Agus Syahid

ﺑﺴﻢ ﷲﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
ﺍﻟﺤﻤﺪ ﷲ ﺍﻟﺬﻱ ﺣﻌﻞ ﻟﻜﻞ ﺷﻲﺀ ﺳﺒﺒﺎ ﻭﺍﻧﺰﻝ ﻋﻠﯽ ﻋﺒﺪﻩ ﻛﺘﺎﺑﺎ ﻓﻴﻪ ﻣﻦ ﻛﻞ ﺷﻲﺀ ﺣﻜﻤۃ ﻭﻧﺒﺎﻭﺍﻟﺼﻼۃ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﯽ ﺳﻴﺪﻧﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﺍﺷﺮﻑ ﺍﻟﺨﻠﻴﻔۃ ﻋﺠﻤﺎ ﻭﻋﺮﺑﺎ ﻭﺍﺯﻛﺎﻫﻢ ﺣﺴﻨﺎ ﻭﻧﺴﺒﺎ ﻭﻋﻠﯽ ﺍﻟﻪ ﻭﺍﺻﺤﺎﺑﻪ ﺍﻟﺴﺎﺩۃﺍﻟﻨﺠﺒﺎ

Bismillahirrohmannirrohim..
Segala puja kita panjatkan bagi Gusti Allah, peramut semesta alam.
Sholawat juga salam semoga senantiasa terhatur kepada Nabi Agung Muhammad SAW yang senantiasa kita cadhong syafa'at beliau semenjak terciptanya dunia ini, saat ini, hingga di dunia yang akan tiba:  beserta keluarga beliau, ahlul bait Rosulullah, dzurriyah dan para pecinta beliau. Juga kepada para sohabat, tanbi'in, tabi'it, tabi'in, ulama sholih, syauhada' dan para mushonnif al mukhlasin. Semoga kelak kita bersama mendapatkan syafaat kenjeng Nabi, gemrudug beramai-ramai masuk surga, selamat dari neraka dan mendapat ridlo Ilahi.  Amiin ya robbal 'alamin.

Surat Al Baqoroh ayat (2,3,4,5)
Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa empat ayat pertama dari surat Al Baqoroh (2,3,4,5) membicarakan sifat-sifat dari perbuatan kaum mukminin dan dua ayat berikutnya ayat (6-7)  tentang kaum kafirin yang menegaskan bahwa bahwa hati, pendengaran dan pengelihatan mereka tertutup deperingatkan atau tidak di peringatkan mereka tetap tidak akan beriman"

Diriwayatkan oleh Al Faryabi dan Ibnu Jarir yang bersumber dari mujtahid.
Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa firman Allah  ان الذين كفروا سواء عليهم ءانذرتهم
sampai  ﻭﻟﻬﻢ ﻋﺬﺍﺏ ﻋﻈﻴﻢ diturunkan tentang kaum yahudi Madinah yang menjelaskan bahwa mereka itu walaupun diperingatkan tetap tidak akan beriman

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dan Ibnu Ishaq dari Muhammad bin Abi Ikiramah dari Sa'id bin Jubair yang bersumber dari Ibnu Abbas.

Bersambung ayat selanjutnya..

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © benangmerahdasi.com. Designed by OddThemes & VineThemes