Penyakitnya Orang Pintar


Benangmerahdasi.com
KH. AHMAD ASRORI RA.


PENYAKITNYA ORANG PINTAR

Kalau ilmu kepandaian tidak di ikat dengan nur dari Allah SWT maka yang ada hanyalah ilmu kepandaian itu akan menjadi hijab yang akan semakin menjauhkan diri kita kepada Allah SWT.

Efeknya hati akan merasa keras ,sombong merasa paling pintar dan susah menerima nasehat atau kebenaran dari orang lain dan yang paling buruk adalah menolak kebenaran itu dengan ilmu kepandaianya dengan dalil" yang diketahuinya padahal didalam hati sanubarinya dia tahu kalau dia itu salah.

Coba dilihat orang" yang bikin ribut ribut rame rame yang bikin ruwet dinegara ini itu orang bodoh apa orang pintar...jawabnya pasti orang pintar.

Kalau orang bodoh itu dia itu gak tahu apa" tapi kalau salah dikasih tahu sudah diam sebaliknya kalau orang pintar yang salah dikasih tahu ...pasti menjawab panjang lebar ...dalil.

Apa mereka gk tahu kalau dia salah...???
Apa mereka gk tahu itu berdosa...???
Apa mereka bodoh...???

Menurut hadratussyeikh ra...sebenarnya orang" itu tahu kok ini salah ini benar ...ini boleh ini gak boleh...tapi memang sengaja dilakukan...la wong mereka kebanyakan sekolahnya tinggi,ilmu agamanya juga bagus...

Jadi percuma ngajak dialog diskusi debat orang" seperti itu ...gak ada selesainya,yang ada cuama adu argumen adu dalil...gak bakalan mau mengalah karena memang itu disengaja dan mereka paham betul kalau aslinya dirinya itu salah.

Itu disebabkan karena dua hal :
1.terhijabnya hati
2. Faktor kepentingan

Kalau dua itu sudah masuk nasehat atau kritik apapun gak akan mempan.

Solusinya kalau memang melanggar hukum ya jalur hukum solusi terbaik.
Tetapi kita sebagai muslim yang baik doakan semoga orang" seperti itu dapat taufik hidayah nur dari Allah SWT sehingga kembali ke jalan yang lurus.



Share this:

Post a Comment

 
Copyright © benangmerahdasi.com. Designed by OddThemes & VineThemes