Penjelasan Masa Nifas Wanita Menurut Fiqih


BenangmerahDasi - Fiqi wanita bab nifas [batasan nifas pada umumnya]

Fiqih wanita bab nifas
No: 00210
Hallo benang merah
WA:081384451265


PERTANYAAN
BERAPA HARI WANITA MELEWATI MASA NIFAS...?

JAWABAN
Imam Abu Zakariya bin Muhammad bin Zakariya al-Anshari di dalam kitabnya (Asna al-Mathalib) menjelaskan bahwa sesungguahnya darah yang keluar pasca melahirkan adalah nifas. Batas minimalnya adalah sebentar (sak kecrotan, jawa), batas maksimalnya 60 hari, dan umumnya 40 hari dengan mempertimbangkan keberadaannya. Hal senada juga dipaparkan di dalam literatur Fiqh “al-Mabadi’ al-Fiqhiyah” dan “al-Bajuri”.

Baca juga: Hukum wanita memakai celana panjang menurut fiqih
Dengan demikian dapat diketahui bahwa batas minimal keluarnya darah nifas adalah sebentar, dan batas maksimalnya adalah 60 hari, sedang umumnya adalah 40 hari. Jika pada hari ke 30 darah tidak lagi keluar, maka telah dihukumi suci.
Dasar pengambilan

:فإن الدَّمَ الْخَارِجَ بَعْدَهُ نِفَاسٌ وَأَقَلُّهُ لَحْظَةٌ وَأَكْثَرُهُ سِتُّونَ يَوْمًا وَغَالِبُهُ أَرْبَعُونَ يَوْمًا اعْتِبَارًا بِالْوُجُودِ . أسنى المطالب في شرح روض الطالب - (ج 1 / ص 114)
:زمن النفاس : اقل زمن النفاس لحظة وغالبه اربعون يوما بلياليها واكثره ستون يوما وما زاد فهو استحاضة. المبادئ الفقهية : ج٣ ص٢٢
:(واقل النفاس لحظة) واريدبها زمان يسيروابتداءالنفاس من انفصال الولد ( واكثره ستون يوماوغالبه اربعون يوما) والمعتمد في ذلك الاستقراء. الباجوري الجزءالاول ص :١١١-١١٢ داراحياءالكتب العربة

Daftar Pustaka:
1○Asna al-Mathalib. I/ 114.
2○Al-Mabadi’ al-Fiqhiyah. III/ 22
3○Al-Bajuri. I/ 111-112

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © benangmerahdasi.com. Designed by OddThemes & VineThemes