Hukum Fiqih Tentang Jual Beli di Area Masjid


BenangmerahDasi - FIQIH BAB MASJID [ tentan jualan di area masjid ]

Fiqih bab masjid
No: 00223
Hallo benangmerah
WA:081384451265


PERTANYAAN
BAGAIMANA HUKUMNYA JUAL BELI DI AREA MASJID..,?

JAWABAN
Imam Syihabuddin; Ahmad bin Ahmad bin Salamah al-Qalyubi di dalam kitabnya (Hasyiyah al Qalyubi) mengutip pernyataan Imam al-Adzra’i yang menyatakan bahwa seperti halnya jalan, yaitu tempat-tempat yang harus dipelihara, diantaranya adalah tempat terpeliharanya Masjid, bukan halamannya.
Baca juga: fiqih tentang memainkan rebana di dalam masjid
Dan tidak diperbolehkan bagi seseorang mengusir orang yang sedang duduk di tempat tersebut sekira tidak membahayakan, karena ia lebih berhak dengan tempat duduknya selama ia berada disitu.
Dan tidak boleh bagi orang yang sedang duduk melarang orang menjual semisal barang dagangannya walaupun berada disampingnya, dan ia boleh mencegah orang yang mempersempitnya.

Imam Abu Zakariya Muhyiddin Yahya bin Syaraf al-Nawawi di dalam kitab (al-Majmu’) juga menjelaskan bahwa Imam Syafi’i di dalam kitab “al-Buwaithi” menyatakan makruh melakukan jual beli di dalam Masjid.

Penulis kitab “al-Syamil” menyatakan bahwa dalam masalah ini ada dua pendapat:
1. Pendapat yang lebih autentik menyatakan makruh.
2. Pendapat kedua menyatakan tidak makruh.

Dengan demikian, hukum berjualan di area Masjid adalah boleh selama tidak mengganggu orang lain. Wallahu a’lam bis shawab.
Dasar pengambilan :

:قال الأذرعي . ويقال بمثله في الحريم ونحوه مما تقدم ومنه حريم المسجد لا رحبته وليس لأحد إزعاج جالس في شيء من ذلك حيث لا ضرر وهو أحق بمجلسه مدة دوامه فيه , ولا يجوز إزعاجه مع الضرر وليس لجالس منع من يبيع مثل بضاعته مثلا , ولو بجانبه وله منع من يضيق عليه . حاشية قليوبي - (ج 3 / ص 94)
:وقال في البويطى وأكره البيع والشراء في المسجد قال صاحب الشامل فالمسألة علي قولين (أصحهما) يكره البيع والشراء في المسجد ) والثانى( لا يكره قال فان كان محتاجا الي شراء قوته وما لا بد له منه لم يكره. المجموع شرح المهذب - (ج 6 / ص 529)

Daftar Pustaka:
1. Hasyiyah al Qalyubi. III/ 94
2. Al-Majmu’. VI/ 529

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © benangmerahdasi.com. Designed by OddThemes & VineThemes