Awal Kemunculan Bid'ah dan Meluasnya di Jawa Serta Macam-macam Ahli Bid'ah Zaman Ini


Benangmerahdasi.com -Awal kemunculan bid'ah dan meluasnya di jawa serta macam-macam ahli Bid'ah zaman ini.

فَصْلٌ) فِيْ بَیَانِ تَمَسُّكِ أَھْلِ جَاوَى بِمَذْھَبِ أَھْلِ السُّنَّةِ وَالْجَمَاعَةِ، وَبَیَانِ ابْتِدَاءِ ظُھُوْرِ الْبِدَعِ وَانْتِشَارِھَا فِيْ أَرْضِ جَاوَى، وَبَیَانِ أَنْوَاعِ )

                                                                الْمُبْتَدِعِیْنَ فِيْ ھَذَا الزَّمَان

PASAL MENJELASKAN PENDUDUK JAWA BERPEGANG PADA MADZHAB AHLUSUNNAH WAL JAMA’AH DAN AWAL KEMUNCULAN BID’AH DAN MELUASNYA DI JAWA SERTA MACAM2 AHLI BID’AH DI ZAMAN INI


قَدْ كَانَ مُسْلِمُوا الْأَقْطَارِ الْجَاوِیَةِ فِي الْأَزْمَانِ السَّالِفَةِ الْخَالِیَةِ مُتَّفِقِي الْآرَاءِ وَالْمَذْھَبِ وَمُتَّحِدِي الْمَأْخَذِ وَالْمَشْرَبِ، فَكُلُّھُمْ فِي الْفِقْھِ عَلَى
الْمَذْھَبِ النَّفِیْسِ مَذْھَبِ الْإِمَامِ مُحَمَّدِ بْنِ إِدْرِیْسَ، وَفِيْ أُصُوْلِ الدِّیْنِ عَلَى مَذْھَبِ الْإِمَامِ أَبِي الْحَسَنِ الْأَشَعَرِيِّ، وَفِي التَّصَوُّفِ عَلَى
مَذْھَبِ الْإِمَامِ الْغَزَالِيِّ وَالْإِمَامِ أَبِي الْحَسَنِ الشَّاذِلِيِّ رَضِيَ االلهُ عَنْھُمْ أَجْمَعِیْنَ

Umat Islam yang mendiami wilayah Jawa sejak zaman dahulu telah bersepakat dan menyatu dalam
pandangan keagamaannya. Di bidang fiqh, mereka berpegang pada madzhab Imam Syafi’i, di
bidang ushuluddin berpegang pada madzhab Abu Hasan al-Asy’ari, dan di bidang tasawuf
berpegang pada madzhab Abu Hamid al-Ghozali dan Abu al-Hasan asy-Syadzili, semoga Alloh
meridhoi mereka semua.

ثُمَّ إِنَّھُ حَدَثَ فِيْ عَامِ اَلْفٍ وَثَلَاثِمِائَةٍ وَثَلَاثِیْنَ أَحْزَابٌ مُتَنَوِّعَةٌ وَآرَاءٌ مُتَدَافِعَةٌ وَأَقْوَالٌ مُتَضَارِبَةٌ، وَرِجَالٌ مُتَجَاذِبَةٌ، فَمِنْھُمْ سَلَفِیُّوْنَ قَائِمُوْنَ
عَلَى مَا عَلَیْھِ أَسْلَافُھُمْ مِنَ التَّمَذْھُبِ بِالْمَذْھَبِ الْمُعَیَّنِ وَالتَّمَسُّكِ بِالْكُتُبِ الْمُعْتَبَرَةِ الْمُتَدَاوِلَةِ، وَمَحَبَّةِ أَھْلِ الْبَیْتِ وَالْأَوْلِیَاءِ وَالصَّالِحِیْنَ،
وَالتَّبَرُّكِ بِھِمْ أَحْیَاءً وَأَمْوَاتًا،
وَزِیَارَةِ الْقُبُوْرِ وَتَلْقِیْنِ الْمَیِّتِ وَالصَّدَقَةِ عَنْھُ وَاعْتِقَادِ الشَّفَاعَةِ وَنَفْعِ الدُّعَاءِ وَالتَّوَسُّلِ وَغَیْرِ ذَلِكَ

Kemudian pada tahun 1330 H timbul berbagai pendapat yang saling bertentangan, isu yang bertebaran dan pertikaian di kalangan para pemimpin. Diantara mereka ada yang berafiliasi pada
kelompok Salafiyyin yang memegang teguh tradisi para tokoh pendahulu. Mereka bermadzhab pada
satu madzhab tertentu dan berpegang teguh kitab2 mu’tabar, kecintaan terhadap Ahlul Bait Nabi,
para wali dan orang2 sholih. Selain itu juga tabarruk dengan mereka baik ketika masih hidup atau
setelah wafat, ziarah kubur, mentalqin mayit, bersedekah untuk mayit, meyakini syafaat, manfaat
doa dan tawassul serta lain sebagainya.
Baca juga: Penjelasan tentang sunnah dan bid'ah
وَمِنْھُمْ فِرْقَةٌ یَتَّبِعُوْنَ رَأْيَ مُحَمَّدْ عَبْدُهْ وَرَشِیدْ رِضَا ، وَیَأْخُذُوْنَ مِنْ بِدْعَةِ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الْوَھَّابِ النَّجْدِيْ ، وَأَحْمَدَ بْنِ تَیْمِیَّةَ وَتِلْمِیْذَیْھِ ابْنِ
الْقَیِّمِ وَعَبْدِ الْھَادِيْ


Diantara mereka (sekte yang muncul pada kisaran tahun 1330 H), terdapat juga kelompok yang
mengikuti pemikiran Muhammad Abduh dan Rosyid Ridho. Mereka melaksanakan kebid’ahan
Muhammad bin Abdul Wahhab an-Najdi, Ahmad bin Taimiyah serta kedua muridnya, Ibnul
Qoyyim dan Abdul Hadi.

فَحَرَّمُوْا مَا أَجْمَعَ الْمُسْلِمُوْنَ عَلَى نَدْبِھِ ، وَھُوَ السَّفَرُ لِزِیَارَةِ قَبْرِ رَسُوْلِ االلهِ صَلَّى االلهُ عَلَیْھِ وَسَلَّمَ ، وَخَالَفُوْھُمْ فِیْمَا ذُكِرَ وَغَیْرِهِ

Mereka mengharamkan hal2 yang telah disepakati oleh orang2 Islam sebagai sebuah kesunnahan,
yaitu bepergian untuk menziarahi makam Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wa sallam serta berselisih
dalam kesepakatan2 lainnya.

قَالَ ابْنُ تَیْمِیَّةَ فِيْ فَتَاوِیْھِ : وَإِذَا سَافَرَ لِاعْتِقَادِ أَنَّھا أَيْ زِیَارَةَ قَبْرِ النَّبِيِّ صَلَّى االلهُ عَلَیْھِ وَسَلَّمَ طَاعَةٌ ، كَانَ ذَلِكَ مُحَرَّمًا بِإِجْمَاعِ الْمُسْلِمِیْنَ
، فَصَارَ التَّحْرِیْمُ مِنَ الْأَمْرِ الْمَقْطُوْعِ بِھِ

Ibnu Taimiyah menyatakan dalam Fatawa-nya: “Jika seseorang bepergian dengan berkeyakinan
bahwasanya mengunjungi makam Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam. sebagai sebuah bentuk
ketaatan, maka perbuatan tersebut hukumnya haram dengan disepakati oleh umat Muslim. Maka
keharaman tersebut termasuk perkara yang harus ditinggalkan.”

قَالَ الْعَلَّامَةُ الشَّیْخُ مُحَمَّدْ بَخِیتْ اَلْحَنَفِيُّ اَلْمُطِیْعِيُّ فِيْ رِسَالَتِھِ اَلْمُسَمَّاةِ تَطْھِیْرَ الْفُؤَادِ مِنْ دَنَسِ الْإِعْتِقَادِ : وَھَذَا الْفَرِیْقُ قَدْ اُبْتُلِيَ الْمُسْلِمُوْنَ
بِكَثِیْرٍ مِنْھُمْ سَلَفًا وَخَلَفًا ، فَكَانُوْا وَصْمَةً وَثُلْمَةً فِي الْمُسْلِمِیْنَ وَعُضْوًا فَاسِدًا

Al-‘Allamah Syaikh Muhammad Bakhit al-Hanafi al-Muth’i menyatakan dalam kitabnya Thathhir
al-Fuad min Danas al-I’tiqad (Pembersihan Hati dari Kotoran Keyakinan) bahwa: “Kelompok ini
sungguh menjadi cobaan bmasat bagi umat Muslim, baik salaf maupun kholaf. Mereka adalah duri
dalam daging (musuh dalam selimut) yang hanya merusak keutuhan Islam.”

یَجِبُ قَطْعُھُ حَتَّى لَا یُعْدِى الْبَاقِيَ ، فَھُوَ كَالْمَجْذُوْمِ یَجِبُ الْفِرَارُ مِنْھُمْ ، فَإِنَّھُمْ فَرِیْقٌ یَلْعَبُوْنَ بِدِیْنِھِمْ یَذُمُّوْنَ الْعُلَمَاءَ سَلَفًا وَخَلَفًا

Maka wajib menanggalkan/menjauhi (penyebaran) ajaran mereka agar yang lain tidak tertular.
Mereka laksana penyandang lepra yang mesti dijauhi. Mereka adalah kelompok yang
mempermainkan agama mereka. Hanya bisa menghina para ulama, baik salaf maupun kholaf.


وَیَقُوْلُوْنَ : إِنَّھُمْ غَیْرُ مَعْصُوْمِیْنَ فَلَا یَنْبَغِيْ تَقْلِیْدُھُمْ ، لَا فَرْقَ فِيْ ذَلِكَ بَیْنَ الْأَحْیَاءِ وَالْأَمْوَاتِ یَطْعَنُوْنَ عَلَیْھِمْ وَیُلْقُوْنَ الشُّبَھَاتِ ، وَیَذُرُّوْنَھَا
فِيْ عُیُوْنِ بَصَائِرِ الضُّعَفَاءِ ، لِتَعْمَى أَبْصَارُھُمْ عَنْ عُیُوْبِ ھَؤُلَاءِ

Mereka menyatakan: “Para ulama bukanlah orang2 yang terbebas dari dosa, maka tidaklah layak mengikuti mereka, baik yang masih hidup maupun yang telah meninggal.” Mereka menyebarkan (pandangan/asumsi) ini pada orang2 bodoh agar tidak dapat mendeteksi kebodohan mereka.

وَیَقْصِدُوْنَ بِذَلِكَ إِلْقَاءَ الْعَدَاوَةِ وَالْبَغْضَاءِ ، بِحُلُوْلِھِمْ اَلْجَوَّ وَیَسْعَوْنَ فِي الْأَرْضِ فَسَادًا ، یَقُوْلُوْنَ عَلَى االلهِ الْكَذِبَ وَھُمْ یَعْلَمُوْنَ ، یَزْعُمُوْنً
أَنَّھُمْ قَائِمُوْنَ بِالْأَمْرِ بِالْمَعْرُوْفِ وَالنَّھْيِ عَنِ الْمُنْكَرِ ، حَاضُّوْنَ النَّاسَ عَلَى اتِّبَاعِ الشَّرْعِ وَاجْتِنَابِ الْبِدَعِ ، وَااللهُ یَشْھَدُ إِنَّھُمْ لَكَاذِبُوْنَ

Maksud dari propaganda ini adalah munculnya permusuhan dan kericuhan. Dengan penguasaan atas
jaringan teknologi, mereka membuat kerusakan di muka bumi. Mereka menyebarkan kebohongan
mengenai Alloh, padahal mereka menyadari kebohongan tersebut. Menganggap dirinya melaksanakan amar makruf nahi munkar, merecoki masyarakat dengan mengajak untuk mengikuti
ajaran2 syariat dan menjauhi kebid’ahan. Padahal Alloh Maha Mengetahui, bahwa mereka
berbohong.

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © benangmerahdasi.com. Designed by OddThemes & VineThemes