BenangmerahDasi.com - Fiqih wanita tentah taharah dan perbedaan nifasnya persalinan normal dan cesar.
PERTANYAAN;
1. Bolehkah memandikan rambut rontok sebelum haid usai..?
( nyicil junub )
2. Adakah perbedaan nifasnya persalinan normal dan cesar..?
JAWABAN
Ibnu suki
1. sah karena muwalah/ nuli-nuli/ bersegera dalam mandi hukumnya hanya sunah.
jadi sah hukumnya mandi tanpa muwalah...
(فصل) وفرائض الغسل ثلاثة أشياء النية وإزالة النجاسة إن كانت على بدنه وإيصال الماء إلى جميع الشعر )
والبشرة. وسننه خمسة أشياء التسمية والوضوء قبله وإمرار اليد على الجسد والمولاة وتقديم اليمنى على
اليسرى
Fardu/ rukun atau perkara yang harus dilakukan saat mandi junub ada 3 (tiga) yaitu;
2. menghilangkan najis yang terdapat pada badan .
3. mengalirkan air ke seluruh rambut dan kulit badan.
Hal-hal yang di sunahkan saat mandi junub ada 5 (lima) yaitu
1. baca bismillah
2. wudhu sebelum mandi,
3. mengusapkan tangan pada badan,
4. bersegera,
5. mendahulukan anggota badan yang kanan dari yang kiri.
(Fiqh At Tarqib Matan Abi Syuja')
Fathul Mu'in;
وَ ) ثاَنِيْهِمَا ( تَعْمِيْمُ ) ظَاهِرُ ( بَدَنٍ حَتىَّ ) َاْلأَظْفاَرَ وَماَ تَحْتَهاَ وَ
( الشَّعْرَ ) ظَاهِرًا وَباَطِناً وَإِنْ كَثِفَ وَماَ ظَهَرَ
مِنْ نَحْوِ مَنْبَتِ شَعْرَةٍ زَالَتْ قَبْلَ غَسْلِهاَ
'' Syarat yang kedua yaitu meratakan air pada seluruh anggota dzohir badan hingga kuku dan bagian bawahnya, rambut bagian luar dan dalam, yakni tempat tumbuhnya rambutyang telah lepas sebelum mandi."
(Fathul Mu'in, 1/31)
#ulama yang tidak memakruhkan.
وَقَالَ عَطَاءٌ : يَحْتَجِمُ الْجُنُبُ ، وَيُقَلِّمُ أَظْفَارَهُ ، وَيَحْلِقُ رَأْسَهُ ، وَإِنْ لَمْ يَتَوَضَّأْ وَمَا حَكاهُ عَنْ عَطَاءٍ ، مَعْنَاهُ : أَنَّ الْجُنُبَ لَا يُكْرَهُ لَهُ الْأَخْذُ مِنْ شَعَرِهِ وَظُفْرِهِ فِيْ حَالِ جَنَابَتِهِ ، وَلَا أَنْ يُخْرِجَ دَمَهُ بِحِجَامَةٍ وَغَيْرِهَا
وَلَا نَعْلَمُ فِيْ هَذَا خِلَافاً إِلَّا مَا ذَكَرَهُ بَعْضُ أَصْحَابِنَا وَهُوَ أَبُو الْفَرَجِ الشَّيْرَازِيِّ ، أَنَّ الْجُنُبَ يُكْرَهُ لَهُ الْأَخْذُ مِنْ شَعَرِهِ وَأَظْفَارِهِ
''Atha berkata; " orang junub berbekam, mencukur kepalanya walapun tidak berwudhu.''
Apa yang di ceritakan dari 'Atha maknanya ialah bahwa sanya orang junub tidak di makruhkan mencukur rambut dan kukunya ketika junub, dan tidak makruh mengeluarkan darahnya dengan bebekam atau lainnya.
Kami tidak mengetahui adanya perbedaan dalam hal ini kecuali yang di tuturkan sebagian ash_hab kami yaitu Abul Faraj asy Syairazi bahwasanya orang junub makruh memotong rambut dan kuku.
(Fathul Bari Li Ibni Rajab, 1/346)
2. SAMA
الشافعية قالوا : يشترط في تحقق أنه دم نفاس أن يخرج الدم بعد فراغ الرحم من الولد بأن يخرج كله فلو
خرج بعض الولد أو أكثره لا يكون دم نفاس ومعنى كونه عقب الولادة أن لا يفصل بينه وبينها خمسة عشر
يوما فأكثر وإلا كان دم حيض أما الدم الذي يصاحب الولد وينزل قبل الطلق فليس هو دم نفاس بل هو دم حيض إن كانت حائضا لأن الحامل قد تحيض عندهم كما تقدم وإن لم تكن حائضا فهو دم فاسد
#Kalau keluar keluar darah dari farjinya maka darah yang keluar dari farji sehabis oprasi caesar tersebut dinamakan nifas. Jika bukan lewat farji maka itu bukan nifas;
الموسوعة الفقهية :18 - لما كان النفاس هو الدم الخارج من الفرج عقب الولادة ، فقد نص الحنفية على أنه إذا ولدت من سرتها- مثلا- وسال منها دم لا تكون نفساء ، بل هي صاحبة جرح ما لم يسل من فرجها ، لكن يتعلق بالولد سائر أحكام الولادة .
Post a Comment