Hukum Meningkahi Wanita yang Sedang Hamil


BenangmerahDasi -Fiqih bab muamalah (meningkahi wanita yang sedang hamil)

Hallo benangmerah
WA:081384451265


PERTANYAAN
Bagaimana hukumnya perningkahan disaat sedang hamil dan bagaimana perwalian anaknya ..?

JAWABAN
Terkait dengan pertanyaan sodara, ada beberapa hasil bahtsul masail yang menjawab pertanyaan sodara.

wanita yang sudah hamil di luar ningkah di perkenankan meningkah dengan orang yang menghamilinya atau dengan orang lain besertaan dengan hukum makruh.



DASAR HUKUM

Bughyah Mustarsyidin hal 201

(مَسْئلة ش) يَجُوزُ نِكَاحُ الحَامِلِ مِنَ الزِّنَا سَوَاءٌ الزَّانِى وَغَيْرُهُ وَوَطَؤُهَ حِيْنَئِذٍ مَعَ الكَرَاهَةِ

Artinya: seorang yang hamil karena zina beoleh meningkah dengan orang yang menjadi pasangan zinanya atau orang lain dan bersebadan dengannya bersertaan hukum makruh.

1. Perningkahan yang di lakukan karena terpaksa (seperti karena berbuat zina) oleh polisi atau hakim, maka perningkahan itu tidak sah! karena syarat sahnya ningkah, harus dengan kemauan si calon suami.

DASAR HUKUM


Kitab Tanwirul Qulub

وَأَنْ يَكُونَ مُخْتَارًا فَلاَ يَصِحُّ نِكَاحُ مُكْرَهٍ

Artinya:...dan ( orang yang hendak meningkah itu) haruslah dengan kemauan sendiri, maka tidak sah.

Perningkahan orang yang di pakasa


2. Status yang di lahirkan di perinci sebagai berikut:


Jika dilahirkan lebih dari enam bulan dan kurang dari empat tahun setelah akad ningkahnya , maka ada dua keadaan;


 A Ada kemungkinan anak tersebut dari suami, karena ada hubungan badan setelah akad ningkah misalnya, maka nasabnya tetap ke suami, berarti berlaku baginya hukum-hukum anak seperti hukum waris dll.
karena itu suami di haramkan meli'an istrinya atau meniadakan nasab anak tersebut darinya (tidak mengakui sebagai anaknya).
B. Jika tidak memungkinkan anak tersebut darinya seperti belum pernah ada hubungan badan semenjak akad ningkah hingga melahirkan, maka anak hanya ke istri bahkan wajib bagi suami meli'an dengan meniadakan nasab anak darinya (tidak mengakui sebagai anaknya).
Hal ini untuk menjaga agar tidak terjadi hak waris kepada anak.

C. Jika di lahirkan kurang dari enam bulan dari masa perningkahan atau lebih dari empat tahun,  maka anak tersebut tidak bisa di nasabkan  kepada suami dan tidak wajib bagi suami untuk meli'an istrinya.
 Bagi anak tidak berhak mendapatkan waris karena tidak ada sebab-sebab yang mendukung hubungan nasab.

D. Ini perlu bagi anak yang di lahirkan laki-laki ataupun perempuan .
    Berarti bapak sebagai wali dalam,

E. Meningkahkan anak perempuannya jika di akui nasabnya dan hakim sebagai walinya jika tidak di akui nasabnya



 250 بغية المسترشدين ص 249 –
( مسئلة ) ملخصة مع زيادة من الإكسير العزيز للشريف محمد بن أحمد عنقاء في حديث الولد للفراش الخ إذا كانت المرأة فراشا لزوجها أو سيدها فأتت بولد من الزنا كان الولد منسوبا لصاحب الفراش لا إلى الزاني فلا يلحقه الولد ولا ينسب إليه ظاهرا ولا باطنا وإن استلحقه ومن هنا يعلم شدة ما اشتهر أنه إذا زنى شخص بإمرأة وأحبلها تزوجها واستلحق الولد فورثه وورثه زاعما سترها وهذا من أشد المنكرات الشنيعة التي لا يسع أحدا السكوت عنها فإنه خرق للشريعة ومنابذة لأحكامها ومن لم يزله مع قدرته بنفسه وماله فهو شيطان فاسق ومداهن منافق وأما فاعله فكاد يخلع ربقة الإسلام لأنه قد أعظم العناد لسيد الأنام مع ما ترتب على فعله من المنكرات والمفاسد منها حرمان الورثة وتوريث من لا شيء له مع تخليد ذلك في البطون بعده ومنها أنه صير ولد الزنا باستلحاقه كابنه في دخوله على محارم الزاني وعدم نقض الوضوء بمسهن أبدا ومنها ولايته وتزويجه نساء الزاني كبناته وأخوته ومن له عليها ولاية من غير مسوغ فيصير نكاحا بلا ولي فهذه أعظم وأشنع إذ يخلد ذلك فيه وفي ذريته ويله فما كفاه أن ارتكب أفحش الكبائر حيث زنى حتى ضم إلى ذلك ما هو أشد حرمة منه وأفحش شناعة وأي ستر وقد جاء شيئا فريا وأحرم الورثة وأبقاه على كرور الملوين وكل من استحل هذا فهو كافر مرتد خارج عن دين الإسلام فيقتل وتحرق جيفته أو تلقى للكلاب وهو صائر إلى لعنة الله وعذابه الكبير فيجب مؤكدا على ولاة الأمور زجرهم عن ذلك وتنكيلهم أشد التنكيل وعقابهم بما يروعهم وقد علم بذلك شدة خطر الزنا وأنه من أكبر الكبائر ( مسئلة ي ) حملت إمرأة وولدت ولم تقر بالزنا لم يلزمها الحد إذ لا يلزم الحد إلا ببينة أو إقرار أو لعان زوج أو علم السيد بالنسبة إلى قنة إذ قد توطأ المرأة بشبهة أو وهي نائمة أو سكرانة بعذر أو مجنونة أو مكرهة أو تستدخل منيا من غير إيلاج ونحو ذلك فتحبل منه ولا يوجب حدا للشبهة فعلم أن كل امرأة حملت وأتت بولد إن أمكن لحوقه بزوجها لحقه ولم ينتف عنه إلا باللعان وإن لم يكن كأن طالت غيبة الزوج بمحل لا 
يمكن اجتماعهما عادة كان حكم الحمل كالزنا بالنسبة لعدم وجوب العدة وجوز انكاحها وطئها وكالشبهة بالنسبة لدرء الحد والقذف واجتناب سوء الظن نعم إن كانت قليلة الحياء والتقوى كثيرة الخلوة بالأجانب والتزين لهم وتحدث الناس بقذفها عزرها الإمام بما يزجر أمثالها عن هذا الفعل

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © benangmerahdasi.com. Designed by OddThemes & VineThemes