Kajian Kitab Risalatul Mahidh Menerangkang Tentang Nama-nama Darah Haid dan Sifatnya |
Benangmerahdasi -KAJIAN FIQIH WANITA
Nomer : 002
Kitab : Risalatul Mahidh
Oleh : Lia Maziyyah
بسم الله الرحمن الرحيم
NAMA-NAMA DARAH HAIDH
Darah haidh mempunyai 15 nama yaitu:
~ Haidh,
~ Mahidh,
~ Mukhodh,
~ Thomts
~ Ikbar,
~ Thoms,
~ 'Irok,
~ Firok,
~ Adzaa,
~ Dhohk,
~ Dars,
~ Diros,
~ Nifas,
~ Qur'un dan
~ I'shor
Referensi:
حاشية الباجورى ج: ١ ص: ٢٠٨:
ونظمها بعضهم فى قوله:
للحيض خمسة أسماء وخمستها # حيض محيض مخاض طمث إكبار
# طمس عراك فراك مع اذى ضحك
درس دراس نفاس قرء إعصار
MAKHLUK YANG MENGALAMI HAIDH
Hewan2 yang mengalami haidh diterangkan ada 8 yaitu:
~ Dhobu' (sejenis anjing hutan /serigala / hyena)
~ Perempuan
~ Kelinci
~ Onta
~ Anjing
~ Kelelawar
~ Cicak
~ Kuda
Dan ada sebagian ulama yg menambahkan جندب/hewan sejenis belalang yg juga mengalami haidh.
Apakah jin juga mengalami haidh ?
Jin perempuan jg mengalami haidh seperti halnya perempuan dari kalangan manusia begitu juga dalam hukumnya, ini menurut pendapat yg shohih, kesimpulannya makhluk berjenis perempuan yg mengalami haidh yg haidhnya bisa dihukumi secara syar’i hanyalah manusia dan jin, sedangkan darah yang keluar dari anjing betina onta betina dan hewan betina lainnya yg mengalami haidh tidak bisa dihukumi darah haidh secara syar’i melainkan hanya secara lughot saja secara bahasa saja dikatakan sebagai haidh.
Referensi:
حاشية الباجورى ج ١ ص ٢٠٩:
:والذي يحيض الحيوانات ثمانية نظمها بعضهم بقوله
يحيض من ذي الروح ضبع مرأة # وأرنب وناقة وكلبة
خفاس الوزعة والحجر فقد # جأت ثمانيا وهذا المعتمد
وزاد بعضهم بنت وردان وهي المعروفة عند العامة بالجندب
تحفة المحتاج فى شرح المنهاج ج ١ ص ٣٨٣:
وشملت الجنية فحكمها حكم الآدمية في ذلك على الصحيح. وأما غيرها من الحيوانات فلا حيض لها شرعا وما يرى لها من الدم فهو من الحيض اللغوي
وشملت الجنية فحكمها حكم الآدمية في ذلك على الصحيح. وأما غيرها من الحيوانات فلا حيض لها شرعا وما يرى لها من الدم فهو من الحيض اللغوي
WARNA DARAH DAN SIFAT DARAH
WARNA DARAH
Walhasil darah memiliki 5 warna:
1. Hitam
Merupakan warna darah terkuat, yg umumnya ketika keluarnya dibarengi dg rasa perih dan nyeri
Merupakan warna darah terkuat, yg umumnya ketika keluarnya dibarengi dg rasa perih dan nyeri
2. Merah
3. Merah kekuning”an / pirang, namun umumnya warna ini jika dinisbatkan pada darah haidh kita menyebutnya dg warna “coklat”
4. Kuning
5.Keruh (putih butek kalau orang jawa bilang)
Maka darah hitam dihukumi lebih kuat ketika disandingkan dg warna merah, merah lebih kuat dari coklat, coklat lebih kuat dari kuning, kuning lebih kuat dari keruh.
Referensi:
حاشية الباجورى ج ١ ص ٢١٠:
لونه أسود محتدم لذاع
والحاصل أن الأولوان خمسة أقواها السواد ثم الحمرة ثم الشقرة ثم الصفرة ثم الكدرة
Baca juga: Kajian Kitab Risalatul Mahidh menerangkan tentang bab haid
SIFAT DARAH SELAIN WARNA
Adapun sifat darah selain dilihat dari warnanya yaitu mencakup bau dan kental tidaknya, jelasnya pembagiannya seperti ini:
kental (bahkan bisa sampai berbentuk gumpalan2 darah baik yg ukurannya kecil ataupun besar, atau orang jawa bilang itu getih kempel)
berbau anyir
kental dan berbau anyir
tidak kental (encer) dan tidak berbau anyir.
Dari keterangan di atas dapat diketahui sifat2 utama darah bisa dikatakan kuat adalah warnanya yg hitam, baunya yg menyengat atau anyir, dan teksturnya yg kental/menggumpal, namun darah harus memiliki ketiga hal tadi bukanlah syarat mutlak utk bisa dikatakan kuat, dalam artian darah yg memiliki dua sifat saja seperti hitam dan berbau anyir dikatakan lebih kuat ketika disandingkan dg darah hitam tidak berbau anyir.
Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa darah bisa dikatakan kuat ketika memiliki sifat lebih banyak dari darah pembandingnya, sedang darah pembandingnya nanti dikatakan sebagai darah dho’if atau lemah, jelasnya seperti ini:
Darah no 1: hitam dan kental, darah no 2: hitam tidak kental
Maka darah no 1 dihukumi lebih kuat karena memiliki sifat lebih banyak yg berjumlah dua sifat yaitu hitam dan kental dibanding darah no 2 yg hanya memiliki satu sifat saja yaitu berwarna hitam.
Darah hitam berbau anyir lebih kuat daripada hitam tidak berbau anyir
Darah hitam kental dan berbau Anyir lebih kuat dibandingkan hitam yang hanya kental saja. Atau hitam berbau Anyir saja.
Begitupun juga dg kemungkinan-kemungkinan darah lain selain hitam.
Jika sifat-sifat darah yang di keluarkan sama jumlahnya, seperti hitam tidak kental/encer dengan merah kental, (masing-masing dari kedua contoh tersebut hanya memiliki 1 sifat saja) maka yang dijadikan acuan dalam menghukumi haidh adalah yang keluar terlebih dulu (yg awal).
Sebenarnya ada 2 pendapat dalam penentuan darah bisa dikatakan kuat atau tidaknya.
Pendapat pertama mengatakan bahwa darah bisa dikatakan kuat atau lemah hanya dilihat dari warnanya saja, tanpa menyertakan bau atau kekentalannya, maka jika mengikuti pendapat ini darah hitam berbau anyir dg darah hitam tidak berbau anyir sama2 dihukumi sebagai darah kuat.
Pendapat pertama mengatakan bahwa darah bisa dikatakan kuat atau lemah hanya dilihat dari warnanya saja, tanpa menyertakan bau atau kekentalannya, maka jika mengikuti pendapat ini darah hitam berbau anyir dg darah hitam tidak berbau anyir sama2 dihukumi sebagai darah kuat.
Adapun pendapat kedua yaitu seperti penjelasan sebelumnya bahwa penentuan darah bisa dikatakan kuat atau tidaknya melalui warna, bau dan kekentalannya, dan pendapat kedua inilah yg dikatakan ashoh.
Referensi:
حاشية الباجورى ج ١ ص ٢١٠:
وأن الصفات غير الألوان أربعة الثخين أو النتن أو هما أو التجرد عنهما فالأسود الثخين أقوى من غير الثخين والمنتن منه أقوى من غير المنتن والثخين المنتن أقوى من الثخين فقط او المنتن فقط وكذا يقال في بقية الألوان وإن استوت الصفات كأسود رقيق وأحمر ثخين قدم السابق منهما لقوته بالتقدم.
المجموع شرح المهذب ج ٢ ص ٤٠٤:
ﻭﺑﻤﺎﺫا ﻳﻌﺮﻑ ﺗﻐﻴﺮ اﻟﻘﻮﺓ ﻭاﻟﻀﻌﻒ ﻓﻴﻪ ﻭﺟﻬﺎﻥ
ﺃﺣﺪﻫﻤﺎ ﺃﻥ اﻻﻋﺘﺒﺎﺭ ﺑﺎﻟﻠﻮﻥ ﻭﺣﺪﻩ ﻓﺎﻷﺳﻮﺩ ﻗﻮﻱ ﺑﺎﻟﻨﺴﺒﺔ ﺇﻟﻰ اﻷﺣﻤﺮ ﻭاﻷﺣﻤﺮ ﻗﻮﻱ ﺑﺎﻟﻨﺴﺒﺔ ﺇﻟﻰ اﻷﺷﻘﺮ ﻭاﻷﺷﻘﺮ ﺃﻗﻮﻯ ﻣﻦ اﻷﺻﻔﺮ ﻭاﻷﻛﺪﺭ ﺇﺫا ﺟﻌﻠﻨﺎﻫﻤﺎ ﺣﻴﻀﺎ ﻭﺑﻬﺬا اﻟﻮﺟﻪ ﻗﻄﻊ ﺇﻣﺎﻡ اﻟﺤﺮﻣﻴﻦ ﻭاﻟﻐﺰاﻟﻲ ﻭاﺩﻋﻰ اﻹﻣﺎﻡ ﺃﻧﻪ ﻣﺘﻔﻖ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﻗﺎﻝ ﻟﻮ ﺭﺃﺕ ﺧﻤﺴﺔ ﺳﻮاﺩا ﻣﻊ اﻟﺮاﺋﺤﺔ ﻭﺧﻤﺴﺔ ﺳﻮاﺩا ﺑﻼ ﺭاﺋﺤﺔ ﻓﻬﻤﺎ ﺩﻡ ﻭاﺣﺪ ﺑﺎﻻﺗﻔﺎﻕ
ﻭﺑﻤﺎﺫا ﻳﻌﺮﻑ ﺗﻐﻴﺮ اﻟﻘﻮﺓ ﻭاﻟﻀﻌﻒ ﻓﻴﻪ ﻭﺟﻬﺎﻥ
ﺃﺣﺪﻫﻤﺎ ﺃﻥ اﻻﻋﺘﺒﺎﺭ ﺑﺎﻟﻠﻮﻥ ﻭﺣﺪﻩ ﻓﺎﻷﺳﻮﺩ ﻗﻮﻱ ﺑﺎﻟﻨﺴﺒﺔ ﺇﻟﻰ اﻷﺣﻤﺮ ﻭاﻷﺣﻤﺮ ﻗﻮﻱ ﺑﺎﻟﻨﺴﺒﺔ ﺇﻟﻰ اﻷﺷﻘﺮ ﻭاﻷﺷﻘﺮ ﺃﻗﻮﻯ ﻣﻦ اﻷﺻﻔﺮ ﻭاﻷﻛﺪﺭ ﺇﺫا ﺟﻌﻠﻨﺎﻫﻤﺎ ﺣﻴﻀﺎ ﻭﺑﻬﺬا اﻟﻮﺟﻪ ﻗﻄﻊ ﺇﻣﺎﻡ اﻟﺤﺮﻣﻴﻦ ﻭاﻟﻐﺰاﻟﻲ ﻭاﺩﻋﻰ اﻹﻣﺎﻡ ﺃﻧﻪ ﻣﺘﻔﻖ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﻗﺎﻝ ﻟﻮ ﺭﺃﺕ ﺧﻤﺴﺔ ﺳﻮاﺩا ﻣﻊ اﻟﺮاﺋﺤﺔ ﻭﺧﻤﺴﺔ ﺳﻮاﺩا ﺑﻼ ﺭاﺋﺤﺔ ﻓﻬﻤﺎ ﺩﻡ ﻭاﺣﺪ ﺑﺎﻻﺗﻔﺎﻕ
ﻭاﻟﻮﺟﻪ اﻟﺜﺎﻧﻲ ﺃﻥ اﻟﻘﻮﺓ ﺗﺤﺼﻞ ﺑﺜﻼﺙ ﺧﺼﺎﻝ ﻭﻫﻲ اﻟﻠﻮﻥ ﻭاﻟﺮاﺋﺤﺔ اﻟﻜﺮﻳﻬﺔ ﻭاﻟﺜﺨﺎﻧﺔ ﻓﺎﻟﻠﻮﻥ ﻣﻌﺘﺒﺮ ﻛﻤﺎ ﺳﺒﻖ ﻭﻣﺎﻟﻪ ﺭاﺋﺤﺔ ﻛﺮﻳﻬﺔ ﺃﻗﻮﻯ ﻣﻤﺎ ﻻ ﺭاﺋﺤﺔ ﻟﻪ ﻭاﻟﺜﺨﻴﻦ ﺃﻗﻮﻯ ﻣﻦ اﻟﺮﻗﻴﻖ ﻗﺎﻝ اﻟﺮاﻓﻌﻲ ﻫﺬا اﻟﻮﺟﻪ ﻫﻮ اﻟﺬﻱ ﻗﻄﻊ ﺑﻪ اﻟﻌﺮاﻗﻴﻮﻥ ﻭﻏﻴﺮﻫﻢ ﻗﺎﻝ ﻭﻫﻮ اﻷﺻﺢ ﺃﻻ ﺗﺮﻯ ﺃﻥ اﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﺭﺣﻤﻪ اﻟﻠﻪ ﻗﺎﻝ ﻓﻲ ﺻﻔﺔ ﺩﻡ اﻟﺤﻴﺾ ﺇﻧﻪ ﻣﺤﺘﺪﻡ ﺛﺨﻴﻦ ﻟﻪ ﺭاﺋﺤﺔ ﻭﻭﺭﺩ ﻓﻲ اﻟﺤﺪﻳﺚ اﻟﺘﻌﺮﺽ ﻟﻐﻴﺮ اﻟﻠﻮﻥ ﻛﻤﺎ ﻭﺭﺩ اﻟﺘﻌﺮﺽ ﻟﻠﻮﻥ ﻓﻌﻠﻰ ﻫﺬا ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﺑﻌﺾ ﺩﻣﻬﺎ ﺑﺈﺣﺪﻯ اﻟﺼﻔﺎﺕ اﻟﺜﻼﺙ ﻭاﻟﺒﻌﺾ ﺧﺎﻟﻴﺎ ﻣﻦ ﺟﻤﻴﻌﻬﺎ ﻓﺎﻟﻘﻮﻱ ﻫﻮ اﻟﻤﻮﺻﻮﻑ ﺑﻬﺎ ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻟﻠﺒﻌﺾ ﺻﻔﺔ ﻭﻟﻠﺒﻌﺾ ﺻﻔﺘﺎﻥ ﻓﺎﻟﻘﻮﻯ ﻣﺎﻟﻪ ﺻﻔﺘﺎﻥ ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻟﻠﺒﻌﺾ ﺻﻔﺘﺎﻥ ﻭﻟﻠﺒﻌﺾ ﺛﻼﺙ ﻓﺎﻟﻘﻮﻯ ﻣﺎﻟﻪ ﺛﻼﺙ ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻟﻠﺒﻌﺾ ﺻﻔﺔ ﻭﻟﻠﺒﻌﺾ ﺻﻔﺔ ﺃﺧﺮﻯ ﻓﺎﻟﻘﻮﻱ اﻟﺴﺎﺑﻖ
:روضة الطالبين ج ١ ص ١٤٠
ﻭﻓﻲ اﻟﻤﻌﺘﺒﺮ ﻓﻲ اﻟﻘﻮﺓ ﻭاﻟﻀﻌﻒ ﻭﺟﻬﺎﻥ
ﺃﺻﺤﻬﻤﺎ ﻫﻮ ﻗﻮﻝ اﻟﻌﺮاﻗﻴﻴﻦ ﻭﻏﻴﺮﻫﻢ، ﺃﻥ اﻟﻘﻮﺓ ﺗﺤﺼﻞ ﺑﺈﺣﺪﻯ ﺛﻼﺙ ﺧﺼﺎﻝ: اﻟﻠﻮﻥ، ﻭاﻟﺮاﺋﺤﺔ، ﻭاﻟﺜﺨﺎﻧة
ﻭاﻟﻮﺟﻪ اﻟﺜﺎﻧﻲ: ﺃﻥ اﻟﻤﻌﺘﺒﺮ ﻓﻲ اﻟﻘﻮﺓ اﻟﻠﻮﻥ ﻭﺣﺪﻩ
ﻭاﻟﺼﺤﻴﺢ ﻋﻨﺪ اﻷﺻﺤﺎﺏ: اﻟﻮﺟﻪ اﻷﻭﻝ
ﻭﻓﻲ اﻟﻤﻌﺘﺒﺮ ﻓﻲ اﻟﻘﻮﺓ ﻭاﻟﻀﻌﻒ ﻭﺟﻬﺎﻥ
ﺃﺻﺤﻬﻤﺎ ﻫﻮ ﻗﻮﻝ اﻟﻌﺮاﻗﻴﻴﻦ ﻭﻏﻴﺮﻫﻢ، ﺃﻥ اﻟﻘﻮﺓ ﺗﺤﺼﻞ ﺑﺈﺣﺪﻯ ﺛﻼﺙ ﺧﺼﺎﻝ: اﻟﻠﻮﻥ، ﻭاﻟﺮاﺋﺤﺔ، ﻭاﻟﺜﺨﺎﻧة
ﻭاﻟﻮﺟﻪ اﻟﺜﺎﻧﻲ: ﺃﻥ اﻟﻤﻌﺘﺒﺮ ﻓﻲ اﻟﻘﻮﺓ اﻟﻠﻮﻥ ﻭﺣﺪﻩ
ﻭاﻟﺼﺤﻴﺢ ﻋﻨﺪ اﻷﺻﺤﺎﺏ: اﻟﻮﺟﻪ اﻷﻭﻝ
Tanbih :
Fungsi mengetahui kuat dan lemahnya darah adalah untuk menentukan masa haidh disaat terjadi istihadhoh.
Fungsi mengetahui kuat dan lemahnya darah adalah untuk menentukan masa haidh disaat terjadi istihadhoh.
والله أعلم بالصواب............
Post a Comment