Kajian Fiqih Wanita Kitab Risalatul Mahidh Definisi Istihadhoh dan Mengenal Zaman Imkanil Haid |
Benangmerahdasi -Kajian Fiqih Wanita kitab “RISALATUL MAHIDH”
Kajian Fiqih wanita
Kitab : Risalatul mahidh
Bagian: 10
Oleh: Maziyyah
بسم الله الرحمن الرحيم
ISTIHADHOH
DEFINISI ISTIHADHOH
Definisi istihadhoh adalah darah yang keluar selain dimasa-masa haid dan nifas.
PERBEDAAN DARAH ISTIHADHOH DAN DARAH FASAD
Sebagian ulama membedakan antara darah istihadhoh dan darah fasad,
~ Bahwasannya darah istihadhoh adalah darah yang bersambung dengan darah haidh tapi darah tersebut bukanlah darah haidh.
Contoh: darah keluar melebihi batas 15 hr katakanlah 20 hr yang mana dari 20 hr tersebut 10 hr awal berupa darah kuat dan 10 hr akhir berupa darah lemah, maka 10 hr awal dari 20 hr tersebut yang berupa darah kuat dihukumi darah haidh dan 10 hari setelahnya yang berupa darah lemah dinamakan istihadhoh, dikarenakan bersambung dengan darah haidh tapi tidak dihukumi haidh.
~ Sedang darah fasad yaitu darah yang sama sekali tidak bersambung dengan darah haidh seperti:
a. Darah yang keluar sebelum usia 9 th kurang 16 hr (kurang sedikit)
b. Darah yang tidak mencapai kadar 24 jam
c. Darah tholq / darah yang keluar ketika akan melahirkan
d. Darah yang keluar bersamaan dengan bayi juga darah yang keluar di antara keluarnya dua bayi kembar.
Namun inti dari semua penjelasan tadi yaitu bahwa antara istihadhoh ataupun darah fasad hanya berbeda dari segi lafadznya saja sedang dari segi hukumnya sama, yaitu sama-sama keluar di waktu-waktu selain haidh dan nifas juga tidak menjadikan tercegahnya hal-hal yang mana hal-hal tersebut dicegah untuk dilakukan ketika dalam keadaan haidh dan nifas seperti halnya sholat, puasa, membaca qur’an dll.
Referensi:
حاشية اعانة الطالبين للسيد أبي بكر المشهور بالسيد البكري بن محمد شطا الدمياطي المصري ج ١ ص ٧٤ الحرمين:
وحاصل ذلك أن الاستحاضة الدم الخرج في غير أوقات الحيض والنفاس بأن خرج قبل تسع سنين أو بعدها ونقص عن قدر يوم وليلة وبأن زاد على خمسة عشر يوما بليالها أو قبل تمام أقل الطهر أو مع الطلق ولم بتصل بحيض قبله وهي حدث دائم فلا تمنع شيئا مما تمنع بالحيض من نحو صلاة ووطء ولو مع جريان الدم. اهى
المنهاج القويم ص 99:
والاستحاضة: دم علة يخرج من عرق فمه في أدنى الرحم، وقيل هي المتصلة بدم الحيض خاصة، وغيره دم فساد، والخلاف لفظي
المجموع ج 2 ص 346:
قال النووي :"قال صاحب الحاوى
النساء أربعة أضرب:
طاهر وحائض ومستحاضة وذات دم فاسد.
فالطاهر ذات النقاء ،والحائض من ترى دم الحيض في زمنه بشرطه، والمستحاضة من ترى الدم علي أثر الحيض على صفة لا يكون حيضا ،وذات الفساد من يبتديها دم لا يكون حيضا .
وقال :الشافعي لو رأت الدم قبل استكمال تسع سنين فهو دم فاسد ولا يقال له استحاضة لان الاستحاضة لا تكون الا على أثر حيض ".
Baca Juga: Kjian Fiqih Wanita hukum darah yang keluar pada oprasi cesar dan masa suci yang memisahkan antara haid dengan nifas,dan nifas dengan nifas
MENGENAL ZAMAN IMKANIL HAIDH
Zaman imkanil haidh yaitu masa/saat dimana darah keluar di saat-saat tersebut maka darah tersebut patut dikatakan haidh, sedang di luar saat tersebut dihukumi istihadhoh atau darah fasad.
Lalu kapan zaman imkanul haidh itu?
a. Ketika darah keluar sudah memasuki usia haidh yaitu 9 th kurang 16 hr kurang sedikit menurut penanggalan qomariyah/hijriyah.
Contohnya seperti seorang anak perempuan di usianya yang ke 9 kurang 10 hari menurut penanggalan hijriyah dirinya mengeluarkan darah 3 hr, maka darah 3 hr tersebut bisa dikatakan haidh dikarenakan keluar di zaman imkanil haidh.
b. Ketika darah keluar setelah melewati masa suci 15 hr dari haidh sebelumnya
Contoh: seorang wanita setelah dari haidh sebelumnya masa sucinya baru mencapai 12 hr, kemudian keluar darah 3 hr, maka darah tersebut tidak bisa dikatakan haidh balik dikatakan darah fasad, karena keluar bukan di zaman imkanil haidh.
c. Ketika darah keluar masih di dalam putaran 15 hr 15 malam (aktsarul haidh) dalam artian tidak melewati masa 15 hr tersebut. Baik keluarnya terus menerus ataupun terputus-putus, dengan demikian darah yang keluar di luar masa 15 hr maka darah tersebut dihukumi istihadhoh.
Contoh: seorang wanita mengeluarkan darah selama 6 hr, kemudian mampet 4 hr, kemudian keluar lagi 3 hr, mampet lagi 5 hr, keluar lagi 5 hr. Maka dari kasus tersebut yang dihukumi haidh adalah 13 hr, yaitu darah pertama yang berjumlah 6 hr dan darah yang keluar selama 3 hr + mampet di antara kedua darah tadi yang berjumlah 4 hr, dikarenakan darah-darah tersebut keluar masih di dalam masa 15 hr. Adapun darah yang keluar lagi berjumlah 5 hr tidak dihukumi haidh karena keluar di luar zaman imkanil haidh balik dihukumi istihadhoh.
>> Darah yang di dalam masa 15 hari semuanya bisa di hukumi haidh dan yang di luar masa 15 hr dihukumi istihadhoh itu dengan SYARAT dengan KETENTUAN darah tidak terus menerus keluar sampai melewati 15 hr (dalam artian darah yang di dalam masa 15 hr bersambung dengan darah di luar 15 hr tanpa ada pemisah) seperti hal nya pada contoh poin c di atas. Sehingga akan berbeda cara menghukuminya ketika kasusnya seperti ini:
Seorang perempuan mengeluarkan darah selama 20 hr berturut-turut, maka kasus seperti ini masuk dalam bab mustahadhoh (perempuan yang mengalami istihadhoh) dan cara menghukuminya bukan berarti darah yang 15 hr dihukumi haidh dan yang 5 hr sisanya dihukumi istihadhoh, melainkan ada perinciannya masing-masing. (yang isnya Allah akan di jelaskan pada kajian selanjutnya).
Contoh lainnya seperti:
Seorang perempuan mengeluarkan darah 9 hr kemudian mampet 3 hr kemudian keluar lagi 7 hr. Dalam kasus ini karena darah keluar sampai melewati 15 hr maka masuk dalam pembahasan musthadhoh. Jadi cara menghukuminya BUKAN berarti darah yang 9 hr + 3 hr (di ambil dari darah yang 7 hr) itu di hukumi haidh dan darah 4 hr sisanya dihukumi istihadhoh. Melainkan ada perinciannya masing-masing dalam bab mustahadhoh yang akan datang.
حاشية الجمل ج ١ ص ٢٣٦:
(ﻓﺮﻉ) اﻟﻤﺒﺘﺪﺃﺓ ﻭاﻟﻤﻌﺘﺎﺩﺓ ﻳﺜﺒﺖ ﻟﻬﻤﺎ ﺣﻜﻢ اﻟﺤﺎﺋﺾ ﺑﻤﺠﺮﺩ ﺭﺅﻳﺔ اﻟﺪﻡ ﻓﻲ ﺯﻣﻦ اﻹﻣﻜﺎﻥ ﻭﻟﻮ ﻏﻴﺮ ﺯﻣﻦ اﻟﻌﺎﺩﺓ؛ ﻷﻥ اﻟﻈﺎﻫﺮ ﺃﻧﻪ ﺣﻴﺾ ﻓﺘﺘﺮﺑﺺ، ﻓﺈﻥ اﻧﻘﻄﻊ ﻟﺪﻭﻥ ﺃﻗﻠﻪ ﻓﻼ ﺣﻴﺾ ﻟﺘﺒﻴﻦ ﺃﻧﻪ ﺩﻡ ﻓﺴﺎﺩ، ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻘﻄﻊ ﻷﻗﻠﻪ ﺗﺮﺑﺼﺖ ﻭﺇﻥ ﺟﺎﻭﺯ ﻋﺎﺩﺗﻬﺎ ﻣﺜﻼ ﻻﺣﺘﻤﺎﻝ اﻧﻘﻄﺎﻋﻪ ﻗﺒﻞ ﻣﺠﺎﻭﺯﺓ اﻷﻛﺜﺮ، ﻭﺇﻥ اﻧﻘﻄﻊ ﻓﻌﻠﺖ ﺑﻌﺪ ﻛﻞ اﻧﻘﻄﺎﻉ ﻣﺎ ﺗﻔﻌﻠﻪ اﻟﻄﺎﻫﺮ ﻣﻦ ﻧﺤﻮ ﺻﻼﺓ ﻭﻭﻁء؛ ﻷﻥ اﻟﻈﺎﻫﺮ ﻋﺪﻡ ﻋﻮﺩﺓ اﻧﺘﻬﺖ
رسالة فى احكام الحيض والاستحاضة ص 24:
اذا رات المراة دما فى زمن الحيض ولم ينقص عن عقله ولم يتجاوز اكثره فهو مع نقاء تخلله حيض كان رات خمسة ايام دما و خمسة ايام نقاء و خمسة ايام دما فانقطع فالخمسة الاولى والاخيرة والتى بينهما من النقاء حيض اي الخمسة ومقابله قول اللقط فيحسب الخمسة النقاء طهرا
وخرج بقولنا (فى زمن الحيض) ما لو بقي عليها بقية طهر كان رات ثلاثة ايام دما ثم اثني عشر نقاء ثم ثلاثة دما ثم انقطع فالثلاثة الاخيرة دم فساد لا حيض اي فالدم الاول حيض والاثنا عشر النقاء طهر والدم الذى بعده كمال الطهر لانه اي الدم الاخير فى غير زمن الحيض اي الخمسة عشر يوما لاننا اذا حسبنا الدم الاول ثلاثة ايام والنقاء الذى بعده اثنا عشر يوما كملت الخمسة عشر يوما والدم الاخير اتى فى غير الخمسة عشر اي فى غير زمن الحيض
ومثل ذلك ما لو رات ثمانية ايام دما وسبعة ايام نقاء ثم دما فالثمانية الايام حيض والنقاء الذى بعدها طهر و يكمل باقى الطهر من الدم الاخير
وخرج ب(انقطاع) ما لو استمر فان كانت مبتداة غير مميزة فيوم وليلة حيض والا فبا التمييز او معتادة فبعادتها
والله اعلم بالصواب..................
Bersambung..
DASI Dagelan Santri Indonesia
Post a Comment