Benangmerahdasi -Kajian : Ilmu Fiqih
Kitab : Fathul Mu'in
(Syaikh Zaenudin Almalibary)
Nomor : 005
Oleh Daviq Muntaqy
(تنبيه) من مات وعليه صلاة فرض لم تقض ولم تفد عنه، وفي قول أنها تفعل عنه - أوصى بها أم لا حكاه العبادي عن الشافعي لخبر فيه، وفعل به السبكي عن بعض أقاربه.
Barangsiapa meninggal dunia dan atasnya ada (tanggungan) sholat fardlu, maka tidak ada qodlo dan tidak di fidyahi.
Dalam satu qaul dikatakan: bahwasanya sholat diqadla darinya, baik dia berwasiat dengannya ataupun tidak,
Qaul tersebut di ceritakan oleh Al Ubadi dari Imam Syafi'i, dan Imam Assubki mempraktekkannya untuk beberapa kerabatnya.
Baca juga: kajian kitab Fathul Mu'in No: 004(ويؤمر) ذو صبا ذكر أو انثى (مميز) بأن صار يأكل ويشرب ويستنجي وحده.
أي يجب على كل من أبويه وإن علا، ثم الوصي.
وعلى مالك الرقيق أن يأمر(بها) أي الصلاة، ولو قضاء، وبجميع شروطها.
Meskipun sholat yang di qadla.
(لسبع) أي بعد سبع من السنين، أي عند تمامها، وإن ميز قبلها.
وينبغي مع صيغة الامر التهديد.
Setelah genap berusia tujuh tahun, meskipun mereka telah lebih dulu tamyiz sebelum usia tujuh tahun. Dan ( jika diperlukan) sepatutnya ucapan perintah disertai dengan menakut-nakuti.
(ويضرب) ضربا غير مبرح - وجوبا - ممن ذكر (عليها) أي على تركها - ولو قضاء - أو ترك شرط من شروطها (لعشر) أي بعد استكمالها، للحديث الصحيح: مروا الصبي بالصلاة إذا بلغ سبع سنين، وإذا بلغ عشر سنين فاضربوه عليها.
(كصوم أطاقه) فإنه يؤمر به لسبع ويضرب عليه لعشر كالصلاة.
وحكمة ذلك التمرين على العبادة ليتعودها فلا يتركها.
Seperti halnya puasa yang mampu dilakukannya, maka (sama halnya sholat) anak yang tamyiz di perintah mengerjakan puasa saat berusia 7 tahun dan di pukul karena genap 10 tahun.
Hikmahnya adalah melatih agar ia terbiasa mengerjakan ibadah sehingga tidak meninggalkannya.
وبحث الاذرعي في قن صغير كافر نطق بالشهادتين أنه يؤمر ندبا بالصلاة والصوم، يحث عليهما من غير ضرب ليألف الخير بعد بلوغه، وإن أبى القياس ذلك.
انتهى.
Imam Al Adzru'i membahas tentang budak kafir kecil yang mengucapkan dua kalimat syahadat, Bahwasanya sunah memerintahkannya sholat dan puasa, Mendorongnya untuk melakukan keduanya tanpa di pukul agar setelah baligh ia terbiasa mengerjakan kebaikan. Meskipun qiyas (aturan) menentang hal tersebut.
Bersambung..
Post a Comment